Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Emiten Grup Salim Indofood CBP (ICBP) Sabet Penghargaan di Bisnis Indonesia Award 2022

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. (ICBP) berhasil menyabet kategoru emiten makanan olahan terbaik dalam gelaran Bisnis Indonesia Award (BIA) 2022.
Petugas sedang menurunkan karton produk mi instan Indomie. Mi instan merupakan salah satu produk unggulan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk./indofood.com
Petugas sedang menurunkan karton produk mi instan Indomie. Mi instan merupakan salah satu produk unggulan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk./indofood.com

Bisnis.com, JAKARTA — Produsen mi instan Indomie PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. (ICBP) memperoleh penghargaan emiten terbaik sektor makanan olahan dalam penganugerahan Bisnis Indonesia Award (BIA) 2022.

ICBP mendapatkan penghargaan ini setelah bersaing dengan emiten makanan olahan lainnya yakni PT Siantar Top Tbk. (STTP), PT Campina Ice Cream Industry Tbk. (CAMP), PT Indofood Sukses Makmur Tbk. (INDF), dan PT Ultra Jaya Milk Industry & Trading Company Tbk. (ULTJ).

Emiten anggota Grup Salim ini mencatatkan pertumbuhan penjualan bersih konsolidasi sebesar 14 persen menjadi Rp17,19 triliun pada kuartal I/2022 dari Rp15,09 triliun pada periode yang sama tahun lalu.

Meskipun laba usaha turun 7 persen menjadi Rp3,53 triliun dari Rp3,82 triliun karena kenaikan harga berbagai komoditas, ICBP masih membukukan marjin laba usaha yang sehat sebesar 20,6 persen dibandingkan dengan 25,3 persen di kuartal pertama tahun 2021.

Perseroan pun berhasil tetap mencatatkan pertumbuhan bottom line. Laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk naik sekitar 12 persen menjadi Rp1,94 triliun selama 3 bulan 2022 dari Rp1,74 triliun pada kuartal pertama tahun lalu.

Direktur Utama dan Chief Executive Officer Indofood CBP Sukses Makmur Anthoni Salim sebelumnya mengatakan kinerja perseroan tetap dapat bertumbuh di tengah tekanan dari harga bahan baku yang meningkat.

"Meskipun dihadapkan pada berbagai tantangan sehubungan dengan naiknya harga-harga bahan baku sebagai imbas dari situasi ekonomi global, ICBP mengawali tahun 2022 dengan kinerja yang positif," jelasnya.

Lebih lanjut, peningkatan tersebut terangnya, seiring dengan upaya menghadapi dinamika kondisi perekonomian dan geopolitik yang sedang terjadi.

ICBP memprioritaskan terus memberikan kinerja yang baik pada tahun ini. Generasi ketiga keluarga Salim ini menegaskan bakal mempertahankan keseimbangan antara pertumbuhan volume penjualan dan profitabilitas serta posisi keuangan yang sehat.

Bisnis Indonesia Award (BIA) merupakan bentuk penghargaan dari Bisnis Indonesia Group terhadap para pelaku bisnis di Indonesia, terutama korporasi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dan perusahaan finansial yang memiliki kinerja cemerlang.

Bisnis Indonesia Award dalam pelaksanaannya selalu mengangkat tema terkini yang relevan dengan perkembangan ekonomi dan dunia usaha di Tanah Air. Adapun, pada tahun ini Bisnis Indonesia Award mengusung tema “Bangkit pada Tahun Perubahan”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper