Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Surya Citra (SCMA) Raih Penghargaan Emiten Terbaik Sektor Media Bisnis Indonesia Award 2022

Emiten grup Emtek, PT Surya Citra Media Televisi Tbk. (SCMA) mendapatkan penghargaan sebagai emiten terbaik di sektor media dan hiburan.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 15 Agustus 2022  |  15:36 WIB
Surya Citra (SCMA) Raih Penghargaan Emiten Terbaik Sektor Media Bisnis Indonesia Award 2022
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan paparan saat acara Bisnis Indonesia Award (BIA) 2022 di Jakarta, Senin (15/8/2022). Bisnis - Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan media grup Emtek, PT Surya Citra Media Televisi Tbk. (SCMA), meraih penghargaan dalam ajang Bisnis Indonesia Award (BIA) 2022.

Emiten berkode saham SCMA ini menjadi emiten terbaik di kategori sektor media dan hiburan. SCMA tercatat bersaing dengan PT MNC Studios International Tbk. (MSIN), PT MD Pictures Tbk. (FILM), dan PT MNC Vision Networks Tbk. (IPTV) dalam kategori ini.

Hingga Semester I/2022, SCMA yang merupakan induk dari dua stasiun televisi, Indosiar dan SCTV, mencatatkan pendapatan Rp3,16 triliun pada semester I/2022, naik 7,33 persen year on year (yoy) dari sebelumnya Rp2,95 triliun pada semester I/2021.

Pendapatan neto berasal dari pendapatan iklan Rp3,29 triliun, selanjutnya pendapatan lain-lain Rp504,89 miliar. Namun, ada potongan penjualan Rp635,2 miliar.

Sementara itu, beban usaha SCMA naik menjadi Rp906,45 miliar per Juni 2022 dari sebelumnya Rp655,06 miliar. Laba usaha pun turun menjadi Rp785,72 miliar dari Rp966,04 miliar per Juni 2021.

Turunnya laba usaha berimbas terhadap raihan laba bersih. SCMA mencatatkan laba bersih Rp616,44 miliar per Juni 2022, turun 15,25 persen yoy dari sebelumnya Rp727,38 miliar. Laba per saham juga turun menjadi Rp9,75 dari Rp11,5.

Bisnis Indonesia Award (BIA) merupakan bentuk penghargaan dari Bisnis Indonesia Group terhadap para pelaku bisnis di Indonesia, terutama korporasi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dan perusahaan finansial yang memiliki kinerja cemerlang.

Bisnis Indonesia Award dalam pelaksanaannya selalu mengangkat tema terkini yang relevan dengan perkembangan ekonomi dan dunia usaha di Tanah Air. Adapun, pada tahun ini Bisnis Indonesia Award mengusung tema “Bangkit pada Tahun Perubahan”.

Adapun untuk emiten terdiri atas kategori minyak & gas; batu bara; pendukung minyak, gas & batu bara; barang baku; produk dan perlengkapan bangunan; perusahaan holding multisektor; perdagangan ritel barang primer; makanan olahan; ikan, daging & produk unggas; dan perkebunan kelapa sawit.

Selain itu, kategori penghargaan untuk emiten lainnya, yakni produk rumah tangga tidak tahan lama; otomotif & komponen otomotif; media & hiburan; perdagangan ritel; jasa & peralatan kesehatan; farmasi & riset kesehatan; properti & real estat; teknologi; infrastruktur transportasi; infrastruktur telekomunikasi; jasa telekomunikasi; utilitas; jasa pembiayaan; asuransi; perusahaan holding, investasi & jasa investasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bisnis Indonesia Award surya citra media scma
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top