Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jual Menara Rp10,28 Triliun, Ini Rencana Anak Usaha Telkom (TLKM)

Dana yang diperoleh dari penjualan menara anak usah Telkom akan diinvestasikan kembali di area yang memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi.
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 14 Agustus 2022  |  05:09 WIB
Jual Menara Rp10,28 Triliun, Ini Rencana Anak Usaha Telkom (TLKM)
Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah dalam paparan publik setelah PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Jumat (27/5 - 2022).
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Anak usaha emiten telekomunikasi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM), PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) telah menyiapkan rencana untuk memanfaatkan dana yang didapatkan dari penjualan 6.000 menara ke PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk. (MTEL).

Sebagaimana diketahui, Telkomsel mendapatkan dana segar Rp10,48 triliun dari penjualan 6.000 menara Telkomsel ke MTEL.

Manajemen Telkomsel mengatakan, pihaknya akan memanfaatkan dana yang diperoleh dari penjualan menara ini akan diinvestasikan kembali di area yang memiliki potensi pertumbuhan tinggi.

"Hal ini untuk memberikan return yang optimal bagi pemegang saham," kata Manajemen Telkomsel, dikutip dari keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Minggu (14/8/2022).

Manajemen Telkomsel menjelaskan, Mitratel menggunakan dana hasil IPO dan hasil operasi untuk pembayaran transaksi akuisisi ini. Mekanisme pembayaran dilakukan Mitratel pada tanggal 29 Juli 2022 melalui transfer dari rekening Mitratel ke rekening Telkomsel.

Manajemen juga menjelaskan, saat ini Telkomsel masih memiliki sekitar 3.000 menara setelah transaksi afiliasi ini. Menara yang saat ini dimiliki Telkomsel, diklasifikasikan sebagai menara strategis.

"Sampai saat ini Telkomsel belum memiliki rencana untuk menjual menara tersebut," ucapnya.

Sebelumnya, Manajemen Mitratel dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) mengatakan, MTEL mengakuisisi 6.000 menara miliki Telkomsel, dan akan menyewakan kembali 6.000 menara tersebut ke Telkomsel.

MTEL juga memiliki janji serta komitmen dari Telkomsel untuk memesan 1.000 menara BTS dari MTEL dalam waktu 3 tahun mendatang, serta sewa menyewa atas 712 lahan milik Telkomsel oleh perseroan di mana menara didirikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkom telkomsel mitratel ipo
Editor : Pandu Gumilar
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top