Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Resmi Listing di Bursa, Saham CRAB Melambung Hampir 35 Persen

Dalam IPO-nya, Toba Surimi mematok harga final penawaran saham Rp150. Perusahaan dengan kode saham CRAB ini, melepas 390.000.000 lembar saham.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 10 Agustus 2022  |  09:51 WIB
Resmi Listing di Bursa, Saham CRAB Melambung Hampir 35 Persen
PT Toba Surimi Industries Tbk (CRAB) resmi elantai di bursa, Rabu (10/8/2022). Harga sahamnya melesat beberapa saat setelah mulai diperdagangkan. - BEI
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan pengalengan, pembekuan, pengolahan, dan pengawetan hasil perikanan PT Toba Surimi Industries Tbk (CRAB) resmi elantai di bursa, Rabu (10/8/2022). Harga sahamnya melesat beberapa saat setelah mulai diperdagangkan.

Dalam penawaran umum perdana saham, Toba Surimi mematok harga final penawaran saham Rp150. Perusahaan dengan kode saham CRAB ini, melepas 390.000.000 lembar saham baru kepada publik atau sekitar 20 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Selama 30 menit diperdagangkan, harga saham CRAB melambung 34,67 persen atau 52 poin ke Rp202 per saham. Adapun, berdasarkan data dari sistem E-IPO, penawaran yang terhimpun adalah Rp1,23 triliun, dengan total investor 23.201 Investor, sehingga mengakibatkan kelebihan permintaan (oversubscribed) 61,85 kali dari Pooling.

Adapun rencana penggunaan dana IPO CRAB perinciannya sebanyak 94,35 persen akan digunakan untuk modal kerja perseroan dan 5,65 persen digunakan untuk belanja modal perseroan.

“Dengan ini, perusahaan menargetkan peningkatan pertumbuhan produksi, disertai dengan biaya produksi yang lebih efisien. Mengingat utilisasi dua pabrik yang ada masih baru mencapai 48 persen,” kata Gindra.

Dia juga mengungkapkan bahwa hasil dari bookbuilding sangat mengesankan dan di luar ekpektasi awal Toba Surimi.

“Minat investor tetap tinggi untuk menyerap saham Perseroan. Investor melihat prospek cerah di dalam bisnis makanan kaleng kami kedepannya,” kata Direktur Utama CRAB Gindra dalam keterangan resmi, Rabu (10/8/2022).

Gindra mengatakan, dari IPO yang dilaksanakan, perusahaan mengharapkan raihan dana mencapai Rp58,5 miliar. Dana segar ini akan digunakan untuk belanja modal Perseroan dalam rangka ekspansi kapasitas produksi dengan pengadaan 5 (lima) unit kapal laut untuk penangkapan bahan baku utama Perseroan yaitu hasil laut.

Saat ini, perseroan sedang dalam proses untuk melakukan ekspansi pangsa pasar termasuk namun tidak terbatas pada negara China. Langkah tersebut bertujuan memperluas pangsa pasar dan sebagai salah satu cara pembuktian eksistensi kepada pelanggan tetap.

Kedepannya Toba Surimi juga akan melakukan ekspansi termasuk namun tidak terbatas pada penambahan lini bisnis dan penambahan kapasitas produksi yang membutuhkan banyak modal kerja yang akan digunakan termasuk namun tidak terbatas pada pembelian bahan baku dan bahan penunjang, gaji dan tunjangan, serta biaya operasional lainnya.

CRAB berkeyakinan bahwa saham Perseroan akan terserap dengan baik didukung oleh strategi dan prospek usaha CRAB yang akan meningkatkan pendapatan,” ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

CRAB ipo pt toba surimi industries
Editor : Hadijah Alaydrus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top