Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Grup Saratoga MPMX dan Unicorn CARRO Kolaborasi, Pacu Bisnis Mobil

Kolaborasi MPMX dan CARRO menyediakan ekosistem end-to-end bagi konsumen di Indonesia, termasuk sewa kendaraan, lelang otomotif, online automotive marketplace.
Carro Automall. Kolaborasi MPMX dan CARRO menyediakan ekosistem end-to-end bagi konsumen di Indonesia, termasuk sewa kendaraan, lelang otomotif, online automotive marketplace. /CARRO
Carro Automall. Kolaborasi MPMX dan CARRO menyediakan ekosistem end-to-end bagi konsumen di Indonesia, termasuk sewa kendaraan, lelang otomotif, online automotive marketplace. /CARRO

Bisnis.com, JAKARTA - Grup Saratoga penyedia jasa transportasi, PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. (MPMX) bersama unikorn CARRO memperkuat bisnis mobil bekas dan membangun ekosistem otomotif end-to end.

Group Chief Operating Officer MPMX Ivan Hindarko menyampaikan kolaborasi strategis antara MPMX dan CARRO diharapkan dapat memberikan produk dan layanan yang kompetitif kepada pelanggan, termasuk akses lebih banyak pilihan mobil bekas berkualitas dan kolaborasi teknologi.

“Kombinasi antara kekuatan jaringan dan jangkauan yang dimiliki MPMX dan keahlian teknologi yang dimiliki CARRO akan memperkuat nilai bagi pelanggan melalui platform dengan skala yang jauh lebih besar," katanya, mengutip Antara.

Kolaborasi MPMX dan CARRO menyediakan ekosistem end-to-end bagi konsumen di Indonesia, termasuk sewa kendaraan, lelang otomotif, online automotive marketplace, asuransi, serta pembiayaan otomotif.

Platform penjualan mobil bekas ritel (B2C) OtoDeals yang diluncurkan MPMX di akhir tahun 2021 akan disatukan dengan platform CARRO yang telah memiliki basis marketplace otomotif terbesar dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara.

Strategi itu akan membuka akses pelanggan yang lebih luas dan potensi bisnis yang lebih besar pada bisnis asuransi dan pembiayaan otomotif MPMX dengan dukungan ekosistem CARRO. Kedua perusahaan akan memastikan pelaksanaan yang tepat dari integrasi ini dengan tetap mengutamakan customer journey.

Salah satu bisnis yang dimiliki adalah Balai Lelang MPMRent (AUKSI) yang selama ini menunjukkan kinerja kuat dengan peningkatan nilai penjualan mobil bekas maupun jumlah peserta lelang. Dengan demikian, bisnis lelang otomotif CARRO Wholesale akan digabungkan ke dalam AUKSI, termasuk pemindahan seluruh jaringan diler mobil bekas dari CARRO Wholesale ke AUKSI.

AUKSI juga diperkuat kumpulan data historis (big data) seperti pergerakan lelang, algoritma harga, serta data dan analisa lain yang dimiliki CARRO Wholesale untuk peningkatan berkelanjutan (continuous improvement) dalam proses bisnis AUKSI.

Selain itu sistem lelang online akan diperkuat dengan infrastruktur CARRO Wholesale (termasuk aplikasi digital, backend system) untuk meningkatkan kualitas layanan dan pengalaman lelang online yang lebih baik lagi bagi pelanggan.

Konsolidasi itu ditargetkan dapat secara signifikan meningkatkan volume penjualan mobil bekas dan kinerja bisnis AUKSI, ditunjang upaya AUKSI untuk membuka cabang baru di beberapa kota besar pada tahun ini.

Sebelumnya, pada Selasa 31 Mei 2022 lalu, CARRO resmi menjadi salah satu pemegang saham anak usaha MPMX. MPMX melalui entitas anaknya PT Mitra Pinasthika Mustika Rent menyambut kerja sama dengan perusahaan dengan platform jual-beli mobil bekas, Trusty Cars Pte Ltd. alias CARRO.

“CARRO berinvestasi sebanyak US$53,8 juta atau setara dengan Rp783,8 miliar sehingga menjadi pemegang 50 persen saham PT Mitra Pinasthika Mustika Rent,” tulis keterangan resmi perseroan, dikutip Senin (6/6/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper