Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cuan, PORT Berbalik Laba Rp6 Miliar pada Kuartal I/2022

PORT berhasil berbalik laba Rp6 miliar pada kuartal I/2022 dari rugi Rp10 miliar pada kuartal pertama tahun lalu.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 28 Juni 2022  |  13:14 WIB
Cuan, PORT Berbalik Laba Rp6 Miliar pada Kuartal I/2022
Direktur PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk (NPH) Harry Zulnardy (dari kiri), Direktur Utama Paul Krisnadi, Komisaris Utama Agus Suhartono, Komisaris Independen Eddy Kuntadi dan Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia Tito Sulistio mengamati layar monitor pergerakan harga saham saat pencatatan saham perdana PT NPH di Jakarta, Kamis (16/3). - JIBI/Dedi Gunawan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten pelabuhan PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk. (PORT) mencatatkan pertumbuhan kinerja pada kuartal I/2022 dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya dengan capaian laba bersih Rp6 miliar. 

Direktur Keuangan PORT Lina menyebutkan, Perseroan berhasil membukukan total pendapatan bersih naik 4 persen atau Rp12 miliar dari Rp267 miliar pada kuartal I/2021  menjadi Rp279 miliar pada kuartal I/2022.

"Pendapatan ini terutama dari peningkatan volume MAL  yang bergerak di terminal peti kemas internasional. Mustika Alam Lestari (MAL) mencatatkan pertumbuhan throughput 20 persen dari 64.000 TEUs menjadi 76.000 TEUs," ungkapnya dalam konferensi pers, Selasa (28/6/2022).

Selanjutnya, laba bruto naik Rp7 miliar, terutama dikontribusi dari kenaikan permintaan. Perseroan juga masih membukukan laba bersih Rp6 miliar dari rugi Rp10 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

Dari sisi rasio keuangan, dengan adanya laba di kuartal I/2022, rasio terhadap pendapatan 0,67 persen. Sementara dari rasio lancar, perseroan masih punya rasio lancar yang baik 1,75x.

"Hal ini mengindikasikan perseroan masih memiliki likuiditas yang cukup untuk membayar kewajiban yang jatuh tempo kurang dari 1 tahun," jelas Lina.

Direktur SDM dan Umum PORT Sony Sutanto menyebutkan menjalani sisa tahun ini, Perseroan akan fokus mengatasi masalah Covid-19 yang masih terus ada.

"Direksi menjami di kondisi pandemi, bisnis perseroan harus tetap berjalan. Pertama tentu bekerja sama dengan pelanggan untuk mengatasi masalah yang terjadi akibat pandemi, meminimalkan kontak dengan mereka dengan cara convert ke paperless, memastikan kebutuhan suku cadang tetap aman, dan memaksimalkan penggunaan teknologi seperti melakukan pertemuan virtual," paparnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan Kinerja Emiten port nusantara pelabuhan handal tbk
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top