Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bumi Resources (BUMI) Mau Private Placement Rp76,59 per Saham, Konversi Utang Lagi

Private placement ini juga dalam rangka penyelesaian kewajiban BUMI kepada Innovate Capital Pte. Ltd. yang telah meminta agar haknya segera diselesaikan secepat mungkin.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 23 Juni 2022  |  13:16 WIB
Operasional tambang batu bara kelompok usaha Bumi Resources. - bumiresources.com
Operasional tambang batu bara kelompok usaha Bumi Resources. - bumiresources.com

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten tambang batu bara grup Bakrie PT Bumi Resources Tbk. (BUMI) berencana melakukan Penambahan Modal Tanpa Memberikan HMETD (PMTHMETD) atau private placement sebanyak 13,20 miliar saham.

Berdasarkan keterbukaan informasi perseroan, dalam rangka perbaikan posisi keuangan, emiten bersandi BUMI ini akan menerbitkan hingga 13.206.473.996 saham Seri C dengan nilai nominal Rp50 per saham. Jumlah tersebut merupakan 10,25 persen dari modal ditempatkan dan modal disetor perseroan.

“Perseroan bermaksud untuk memperbaiki posisi keuangan dengan mendapatkan persetujuan dari pemegang saham guna melakukan PMTHMETD, dalam rangka mengkonversi kewajiban perseroan menjadi ekuitas yang akan memperbaiki rasio likuiditas dan juga rasio solvabilitas perseroan,” jelas Direktur dan Sekretaris Perusahaan BUMI Dileep Srivastava dalam keterbukaan informasi, Kamis (23/6/2022).

Private placement ini juga dalam rangka penyelesaian kewajiban BUMI kepada Innovate Capital Pte. Ltd. yang telah meminta agar haknya segera diselesaikan secepat mungkin.

Sehubungan dengan utang yang dimiliki oleh perseroan kepada Innovate Capital Pte. Ltd. sebesar Rp1,01 triliun, Innovate Capital Pte. Ltd. telah meminta agar utang tersebut segera diselesaikan.

Selanjutnya, mengingat kondisi keuangan saat ini, BUMI dan Innovate Capital Pte. Ltd. telah sepakat untuk melakukan penyelesaian kewajiban utang tersebut melalui konversi utang menjadi saham dengan harga konversi sebesar Rp76,59 per saham Seri C berdasarkan Perjanjian Penyelesaian Utang tertanggal 20 Juni 2022. Adapun, Innovate Capital Pte. Ltd. bukan pihak yang terafiliasi dengan perseroan.

Berdasarkan perjanjian penyelesaian utang, pelaksanaan konversi utang menjadi saham melalui PMTHMETD tunduk pada syarat dan kondisi antara lain melalui persetujuan dari para pemegang saham BUMI atas PMTHMETD dalam RUPSLB.

Hingga perdagangan sesi I siang ini, saham BUMI terpantau anjlok 4 poin atau 5,97 persen ke level Rp63. Kapitalisasi pasar BUMI tercatat Rp8,12 triliun dengan price to earning ratio 2,92 kali. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bumi resources Grup Bakrie private placement emiten batubara
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top