Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RS Siloam Labuan Bajo Buka Layanan Berkelas Internasional, Bidik Pasar Pariwisata

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO) menghadirkan Labuan Bajo International Medical Centre yang mendukung sektor pariwisata. Kehadiran fasilitas kesehatan itu menopang kebutuhan para wisatawan mengakses layanan kesehatan, terlebih lagi dilengkapi dengan kemampuan perawatan cedera akibat aktivitas wisata bawah air.
Vice President PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO) Caroline Riady saat meresmikan Labuan Bajo International Medical Centre/Bisnis-Rahayuningsih
Vice President PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO) Caroline Riady saat meresmikan Labuan Bajo International Medical Centre/Bisnis-Rahayuningsih

Bisnis.com, LABUAN BAJO – Ramainya turis asing yang mengunjungi Labuan Bajo mendorong manajemen PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO) membuka fasilitas internasional guna mengobati lebih cepat wisatawan yang mengalami cedera.

Caroline Riady, Vice President PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO) mengatakan dengan ditunjuknya Labuan Bajo sebagai salah satu destinasi super prioritas oleh pemerintah, diyakini turis yang akan berwisata ke daerah ini akan semakin tinggi. Sementara, kecendrungan wisatawan mancanegara menyukai kegiatan berkategori ekstrem seperti diving, trekking.

Aktivitas tersebut tentunya berisiko tinggi dapat menyebabkan kecelakaan seperti patah tulang atau terkena gigitan Komodo. Tak hanya itu, decompression sickness juga kerap terjadi pada para penyelam.

Selama ini, karena ketiadaan fasilitas yang memadai membuat para turis itu terpaksa harus diterbangkan ke luar pulau seperti Bali untuk mendapatkan pengobatan. Dengan alasan itu, SILO mendirikan Labuan Bajo International Medical Centre (LBIMC) yang menyesuaikan kebutuhan tersebut.  

“Di Labuan Bajo kami sudah hadir dengan menyiapkan hiperbarik guna mengobati para wisatawan yang mengalami cedera selama menikmati keindahan pemandangan bawah laut Labuan Bajo,” ujar Caroline, Selasa (16/6/2022).

Dengan demikian, diharapkan para pihak seperti agen perjalanan, dive service, Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat, tidak ragu lagi untuk mengajak lebih banyak lagi turis untuk datang ke Labuan Bajo.

Fasilitas yang ada di kelas internasional itu juga tidak perlu diragukan lagi karena menduplikasi kelas VIP yang ada di RS Siloam di kota besar seperti di Jakarta. Kenyamanan dan keamanan dalam perawatan menjadi prioritas.

Selain melayani turis asing, hadir sejak 2016, RS Siloam Labuan Bajo selama ini banyak melayani masyarakat yang memanfaatkan fasilitas BPJS Kesehatan. “Hampir 85% pasien kami berasal dari pengguna BPJS Kesehatan,” tuturnya.

John Riady Presiden Komisaris PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO) mengatakan dengan dibukanya rumah sakit dan sekolah di Labuan Bajo merupakan langkah Siloam untuk berkontribusi terhadap perekonomian daerah. “Kami senang sekali, saat ini wisata sudah ramai kembali. Ini juga menjadi visi kami untuk terus bertumbuh.”

Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng mengatakan kegiatan wisata di Labuan Bajo sangat rentan dengan risiko terjadinya kecelakaan. “Kami menyadari itu, oleh karena itu sektor kesehatan harus dikuatkan.”

Saat ini, lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat berharap RS Siloam menghadirkan spesialis jantung karena dokter untuk penyakit itu sudah tidak ada, sementara serangan jantung menjadi salah satu penyakit yang sering terjadi.  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahayuningsih
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper