Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sinis Banget! Bill Gates Sebut Kripto NFT sebagai The Greater Fool Theory

The greater fool theory merujuk pada teori harga yang naik karena orang mampu menjual barang yang terlalu mahal kepada "orang yang lebih bodoh".
Farid Firdaus
Farid Firdaus - Bisnis.com 15 Juni 2022  |  10:06 WIB
Sinis Banget! Bill Gates Sebut Kripto NFT sebagai The Greater Fool Theory
Co-chair Bill and Melinda Gates Foundation, Bill Gates menjadi pembicara saat Bloomberg New Economy Forum di Beijing, China, Kamis (21/11/2019). Bloomberg - Takaaki Iwabu
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Crazy rich Bill Gates melempar komentar sinis terhadap investasi kripto seperti nonfungible token (NFT) yang disebutnya sebagai the greater fool theory pada acara konferensi iklim, Selasa (14/6/2022).

Mengutip Bloomberg, Rabu (15/6/2022), the greater fool theory merujuk pada teori harga yang naik karena orang mampu menjual barang yang terlalu mahal kepada "orang yang lebih bodoh", terlepas dari apakah nilai barang tersebut dinilai terlalu tinggi atau tidak.

"Jelas, gambar digital monyet yang mahal akan sangat memperbaiki dunia," kata Gates dengan sinis saat berbicara di sebuah acara di Berkeley, California, yang diselenggarakan oleh TechCrunch. Dia mengatakan dia tidak memiliki kripto baik secara jangka pendek maupun jangka panjang.

Gates telah mengkritik kripto sebelumnya, berdebat dengan Elon Musk tahun lalu mengenai apakah Bitcoin terlalu berisiko bagi investor ritel dan dampak kerusakan lingkungan dari aktivitas pertambangan koin yang menguras listrik.

Berbicara pada Selasa sebagai pendiri Breakthrough Energy Ventures, investasi yang berfokus pada iklim sejak 2015, Gates mencatat kesulitan merekrut insinyur Silicon Valley untuk bekerja di industri seperti bahan kimia dan produksi baja yang membutuhkan emisi gas rumah kaca yang lebih rendah.

Bitcoin tercatat jatuh lebih dari 15 persen pada Senin dan 5,4 persen lainnya pada Selasa. Ini merupakan bagian dari aksi jual kripto yang didorong oleh inflasi AS yang lebih tinggi dari perkiraan, serta penghentian penarikan oleh platform pinjaman Celsius. Harga koleksi NFT populer, termasuk Bored Ape Yacht Club yang disukai selebriti, juga terpukul keras.

Gates juga membela upaya perbankan digital yang telah dia dukung melalui yayasan filantropisnya, yang dia gambarkan sebagai "ratusan kali lebih efisien" daripada cryptocurrency.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bill gates bitcoin cryptocurrency aset kripto NFT

Sumber : Bloomberg

Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top