Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sido Muncul (SIDO) Mulai Operasikan PLTS Atap di Pabrik Semarang

Sido Muncul (SIDO) mulai mengoperasikan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap di pabriknya yang berlokasi di Jawa Tengah, setelah sebelumnya memanfaatkan listrik biomassa dari ampas jamu.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 11 Juni 2022  |  09:41 WIB
Sido Muncul (SIDO) Mulai Operasikan PLTS Atap di Pabrik Semarang
Pekerja memindahkan bahan limbah yang diambil dari jamu di pabrik PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk. (SIDO) di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, Senin (10/2/2014). Sido Muncul mulai mengoperasikan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap di pabriknya, setelah sebelumnya memanfaatkan listrik biomassa dari ampas jamu. Bloomberg - Dimas Ardian
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten jamu dan farmasi PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. (SIDO) mulai mengoperasikan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap di pabriknya yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. PLTS atap ini dibangun dari hasil kerja sama dengan SUN Energy.

Direktur Utama Sido Muncul David Hidayat mengatakan operasional panel surya ini merupakan salah satu upaya perseroan untuk meningkatkan bauran energi terbarukan dalam aktivitas produksi, serta mencapai target pengurangan emisi karbon.

“Kami meyakini bahwa penggunaan energi terbarukan merupakan solusi yang tepat dan yang pasti mendukung terwujudnya masa depan rendah karbon,” katanya dalam video yang diunggah SUN Energy pada Jumat (10/6/2022).

David mengatakan Sido Muncul telah mengupayakan peningkatan bauran energi terbarukan sejak 2021, di samping penggunaan ampas jamu sisa produksi untuk biomassa.

“Inisiatif ini akan meningkatkan bauran energi terbarukan yang kami gunakan, di samping penggunaan biomassa ampas jamu yang kami pakai sebagai bahan bakar dan sekaligus mengurangi emisi yang dihasilkan dari aktivitas operasional,” paparnya.

Dengan beroperasinya panel surya di pabrik Semarang, 40 persen dari konsumsi energi yang dipakai dalam proses produksi maupun fasilitas pendukung telah menggunakan energi terbarukan.

Instalasi tenaga surya berkapasitas 2 Mwp yang dilakukan SUN Energy di pabrik Sido Muncul meningkatkan proporsi penggunaan energi terbarukan sebesar 18 persen dan meningkatkan efisiensi energi pada aktivitas operasional pabrik.

Sebagaimana diwartakan Bisnis sebelumnya, pembangunan PLTS atap tersebut menelan investasi US$2 juta dengan skema pembiayaan performance base rental.

Dengan skema pembiayaan ini, 25 tahun operasional dan perawatan panel surya menjadi tanggung jawab SUN Energy dan setelahnya akan diserahkan ke Sido Muncul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

plts jamu sido muncul SIDO
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top