Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kuasai Mayoritas Saham Hipernet, XL Axiata (EXCL) Perkuat Cengkeraman Pasar Korporasi

PT XL Axiata, Tbk (XL Axiata) menjelaskan rencana selanjutnya setelah memiliki 51 persen saham PT Hipernet Indodata.
Karyawan melayani pelanggan di salah satu XL Center di Jakarta, Minggu (30/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Karyawan melayani pelanggan di salah satu XL Center di Jakarta, Minggu (30/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten telekomunikasi PT XL Axiata Tbk (EXCL) menjelaskan rencana selanjutnya setelah memiliki 51 persen saham PT Hipernet Indodata. Salah satunya ialah memperkuat basis pasar korporasi.

Sebelumnya, EXCL mengumumkan pada Keterbukaan Informasi atau Fakta Material kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia. Pada tanggal 2 Juni 2022, XL Axiata secara resmi memiliki sebanyak 2.805 lembar saham atau setara dengan 51 persen saham PT Hipernet Indodata dengan nilai transaksi sekitar Rp335,3 miliar.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan pihaknya bersyukur seluruh proses teknis maupun non teknis pengambilalihan saham PT Hipernet Indodata berjalan lancar tanpa kendala yang berarti. 

Dian pun menambahkan  pengambilalihan saham ini bertujuan meningkatkan daya saing perusahaan agar dapat menawarkan produk dan solusi layanan telekomunikasi ke pasar korporasi atau enterprise.

Segmen korporasi yang saat ini di layani oleh XL Axiata Business Solutions merupakan salah satu fokus XL Axiata saat ini karena memberikan kontribusi yang cukup signifikan. 

Segmen ini dinilai dapat mendukung pertumbuhan kinerja perusahaan sejalan dengan semakin berkembang dan meningkatnya kebutuhan industri korporasi terhadap ketersediaan layanan ICT yang terintegrasi seiring dengan visi XL Axiata yang mengedepankan layanan konvergensi guna mendukung kegiatan operasional perusahaan-perusahaan tersebut. 

"Secara bisnis, bergabungnya PT Hipernet Indodata  akan memperkuat posisi XL Axiata sebagai penyedia layanan digital untuk pasar korporat,"ujar Dian dalam keterangan resmi pada Jumat (3/7/2022).

Adapun, Hipernet Indodata merupakan  managed service provider di bidang informasi dan teknologi yang sepenuhnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Layanan yang disediakan mencakup penyediaan serta pengelolaan sumber daya informasi dan teknologi, baik berupa perangkat lunak dan perangkat keras, beserta sumber daya manusia yang dibutuhkan, termasuk juga mengelola sumberdaya yang sudah dimiliki pelanggan. 

Layanan teknologi dan informasi yang ditawarkan mencakup pengelolaan internet, WiFi, cloud, layanan teknologi informasi profesional, dan layanan aplikasi bisnis lainnya. 

Selama ini, Hipernet telah melayani pelanggan dengan kebutuhan korporasi di berbagai bidang, antara lain perhotelan, pariwisata, kesehatan, keuangan, hingga ritel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Khadijah Shahnaz
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper