Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Setelah Libur Sehari, IHSG Dibuka Terkoreksi Akibat Profit Taking?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melemah pada perdagangan hari ini, Kamis (2/6/2022).
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 02 Juni 2022  |  09:11 WIB
Setelah Libur Sehari, IHSG Dibuka Terkoreksi Akibat Profit Taking?
Karyawan beraktivitas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (9/5/2022). Bisnis - Fanny Kusumawardhani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melemah pada perdagangan hari ini, Kamis (2/6/2022).

Berdasarkan data Bloomberg, pada pukul 09.00 WIB IHSG dibuka terkoreksi pada posisi 7.130,6 . IHSG sempat mencatatkan posisi terendah pada 7.127,97 beberapa saat setelah pembukaan

Tercatat, 195 saham menguat, 122 saham melemah dan 224 saham bergerak ditempat. Investor asing tercatat membukukan aksi net foreign buy Rp59,5  miliar.

Investor asing tercatat membeli saham PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) sebesar Rp48,6 miliar, atau yang terbanyak sejauh ini.

Menyusul dibelakangnya adalah PT Astra International Tbk (ASII) senilai Rp10,3 miliar dan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) sebesar Rp10 miliar.

Direktur MNC Asset Management Edwin Sebayang dalam laporannya menyebutkan bursa Wall Street diwarnai aksi ambil untung ringan dengan indeks Dow Jones melemah 1,20 persen dan Nasdaq turun 1,12 persen pada perdagangan Rabu (1/6/2022) waktu setempat.

Aksi ambil untung terjadi setelah rilis data ekonomi menunjukkan tingkat PHK AS yang mencapai level terendah pada April dan US Manufacturing Activity Mei meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya sehingga persepsi The Fed akan menaikkan suku bunganya dengan agresif kembali on track.

“Jika dikombinasikan dengan kembali naiknya yield obligasi AS tenor 10 tahun, maka berpotensi menjadi sentimen negatif bagi perdagangan di bursa Indonesia Kamis ini,” katanya.

Kurang kondusifnya perdagangan Kamis ini juga didorong aksi ambil untung yang terjadi di pasar komoditas, kecuali batu bara dan timah. Sementara itu, minyak mentah terpantau turun 1,98 persen, emas turun 0,14 persen, CPO turun 0,94 persen dan nikel turun 4,07 persen.

“Pada hari ini, IHSG diprediksi bergerak pada rentang 7.071 sampai 7.186,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG wall street
Editor : Pandu Gumilar
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top