Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Edgeconnex Rampungkan Akuisisi Lini Pusat Data Lippo, Ini Struktur Barunya

Multipolar Technology Tbk (MLPT) dan mitranya Mitsui Co. Ltd., menjual seluruh sahamnya di bisnis pusat data.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 28 Mei 2022  |  12:54 WIB
Ilustrasi data center - Flickr
Ilustrasi data center - Flickr

Bisnis.com, JAKARTA - Edgeconnex Europe B.V mengumumkan menyelesaikan akuisisi perusahaan pangkalan data PT Graha Teknologi Nusantara. 

Graha Teknologi Nusantara merupakan perusahaan pusat data yang dimiliki Grup Lippo melalui PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) dan Mitsui Co. Ltd. 

"Dengan ini diumumkan bahwa transaksi akuisisi saham oleh Edgeconnex Europe B.V dan EdgeConneX Asia HoldCo telah selesai," tulis perusahaan dalam pengumumannya bertanggal Jumat, (27/5/2022). 

Setelah diselesaikannya aksi korporasi ini, maka pemegang saham Graha Teknologi Nusantara menjadi Edgeconnex Europe B.V (99,99 persen) dan EdgeConneX Asia HoldCo (0,01 persen). 

Dalam rilis sebelumnya, PT Multipolar Technology Tbk. (MLPT) menargetkan bisa mengantongi dana Rp521,38 miliar dari penjualan saham data center dan 40.000 meter persegi lahan di Cikarang, Jawa Barat kepada Edgeconnex. 

Emiten grup Lippo ini bersama Mitsui telah menandatangani conditional sale and purchase agreement terkait penjualan 100 persen saham pengelola data center PT Graha Teknologi Nusantara (GTN) kepada Edgeconnex Europe pada 14 Februari 2022. 

Multipolar Technology akan menjual 65 persen saham GTN, sedangkan Mitsui melepas 35 persen saham. Nilai penjualan saham GTN mencapai US$37,60 juta atau setara Rp349,70 miliar. Edgeconnex Asia juga ikut terlibat dalam transaksi dengan menyerap sebagian kecil atau 10.000 saham GTN.

Berdasarkan prospektus, dikutip Jumat (1/4/2022), manajemen Multipolar beralasan penjualan saham GTN bertujuan supaya perseroan lebih fokus dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis inti, yaitu sistem integrasi untuk perangkat keras dan layanan integrasinya, sistem aplikasi dan layanan implementasinya, serta layanan IT outsourcing dan managed services.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG lippo group pusat data multipolar technology
Editor : Anggara Pernando

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top