Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Triniti Land (TRIN) Patok Harga Rights Issue Rp900 per Saham, Modal Akuisisi Lahan

TRIN akan mengeluarkan maksimal 147.795.558 saham baru dengan harga pelaksanaan Rp900 per saham yang disertai dengan penerbitan Waran Seri II maksimal 147.795.558 Waran.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 25 Mei 2022  |  11:13 WIB
Triniti Land - Istimewa
Triniti Land - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten properti PT Perintis Triniti Properti Tbk. (TRIN) berencana melakukan Penawaran Umum Terbatas (PUT) I atau rights issue dengan target perolehan dana Rp133 miliar.

TRIN akan mengeluarkan sebanyak-banyaknya 147.795.558 saham baru dengan nilai nominal Rp100 per saham yang disertai dengan penerbitan Waran Seri II maksimal 147.795.558 Waran.

Setiap pemegang 30 saham lama berhak atas satu HMETD. Setiap satu HMETD memberikan hak kepada pemegangnya untuk untuk membeli satu saham baru yang ditawarkan dengan harga pelaksanaan Rp900 per saham yang harus dibayar penuh pada saat mengajukan pemesanan HMETD. 

"Jumlah saham yang akan diterbitkan tersebut telah diperhitungkan berdasarkan keperluan dana TRIN dan harga dari pelaksanaan HMETD. Waran Seri II diterbitkan menyertai saham baru yang diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi pemegang saham perseroan," terang manajemen TRIN, dikutip Rabu (25/5/2022).

Selain itu, setiap satu Waran Seri II berhak membeli satu saham baru Perseroan. Setiap Waran Seri II dalam bentuk pecahan akan dibulatkan ke bawah. Adapun, pelaksanaan pengeluaran saham hasil penerbitan Waran Seri II akan didelegasikan kepada direksi yang akan dimintakan persetujuan dalam RUPSLB Perseroan.

Dalam pelaksanaan PUT I, PT Kunci Daud Indonesia (KDI) dan PT Intan Investama Internasional (III) selaku pemegang saham utama perseroan telah menyatakan akan mengalihkan sebagian haknya dalam PUT I kepada Muhammad Kemal Dinata, Mawardi, Paryan, Jumino, Nadya Raisya Setia Murti, dan PT Manggarai Anugerah Semesta.

Pihak-pihak tersebut akan mengambil sebagian hak KDI dan III dengan cara pembayaran dalam bentuk lain selain uang (inbreng).

Perseroan merencanakan pelaksanaan PUT I akan dilakukan segera setelah diperolehnya persetujuan dari RUPSLB, sesuai Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 32/POJK.04/2015 juncto Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 14/POJK.04/2019.

Dengan melakukan PUT I, TRIN berharap untuk memperoleh dana maksimal Rp133,01 miliar. 

Dalam hal terdapat pemegang saham TRIN yang tidak melaksanakan HMETD yang diperolehnya tersebut dalam PUT I, maka kepemilikan sahamnya dalam TRIN dapat terdilusi sebesar maksimum 3,09 persen.

Adapun, dana hasil rights issue akan digunakan untuk beberapa ekspansi perseroan berupa akuisisi lahan. 

Pertama sebesar Rp43,10 miliar akan digunakan untuk pengambilalihan aset berupa tanah di Labuan Bajo seluas 193.400m2 yang dimiliki oleh PT Manggarai Anugerah Semesta (MAS) yang pembayarannya akan dilakukan dalam bentuk selain uang.

TRIN akan membayar dengan cara menyetor atas sebagian HMETD PT Kunci Daud Indonesia (KDI) selaku pemegang saham utama yang dialihkan ke MAS sejumlah 47.892.223 saham baru.

Kedua, sebesar Rp43,53 miliar akan digunakan untuk pengambilalihan aset berupa tanah di Lampung seluas 93.018m2 yang dimiliki oleh Muhammad Kemal Dinata, Nadya Raisya Setia Murti, Mawardi, Paryan, dan Jumino yang pembayarannya akan dilakukan dalam bentuk selain uang.

TRIN juga akan membayar dengan cara menyetor atas sebagian HMETD PT Kunci Daud Indonesia (KDI) dan PT Intan Investama Internasional (III) selaku pemegang saham utama yang dialihkan ke Muhammad Kemal Dinata, Nadya Raisya Setia Murti, Mawardi, Paryan, dan Jumino dengan total berjumlah 58.052.000 Saham Baru.

Ketiga, sebesar Rp28,61 miliar akan digunakan untuk pembayaran utang jangka panjang kepada pihak-pihak terafiliasi yaitu Septian Starlin, Johanes L Andayaprana, Chandra, Matius Jusuf, dan Ishak Chandra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

emiten properti labuan bajo triniti land rights issue
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top