Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Telkom (TLKM) Gandeng Microsoft Kerja Sama, Sinyal Perkuat Kinerja?

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) menggandeng perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Microsoft untuk bekerja sama.
Dewi Fadhilah Soemanagara
Dewi Fadhilah Soemanagara - Bisnis.com 29 April 2022  |  15:05 WIB
Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. Ririek Adriansyah menyapa wartawan seusai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Jumat (19/6/2020). Bisnis - Abdullah Azzam
Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. Ririek Adriansyah menyapa wartawan seusai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Jumat (19/6/2020). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) menggandeng perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Microsoft untuk bekerja sama.

Kerja sama TLKM dan Microsoft tersebut dalam rangka mempercepat transformasi digital Grup Telkom, serta memperkuat intelligent infrastructure dan akselerasi digitalisasi Indonesia.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan, membangun kemitraan dengan para raksasa teknologi merupakan salah satu inisiatif strategis perseroan untuk penguatan portofolio.

“Inisiatif untuk menjalin kemitraan strategis dengan sejumlah perusahaan teknologi global diharapkan akan berdampak positif pada pengembangan bisnis Telkom, khususnya pada domain digital platform dan digital services,” ujar Ririek dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (29/4/2022).

Kemitraan ini telah diresmikan di kantor pusat Microsoft di Seattle, Washington, Amerika Serikat pekan lalu, bertujuan menjajaki berbagai peluang baru di pasar, dan memberdayakan organisasi di berbagai segmen industri dengan memanfaatkan infrastruktur TLKM.

Selain pengembangan intelligent infrastructure, salah satu elemen penting lainnya dalam kemitraan ini adalah mendukung Telkom serta anak usahanya untuk melakukan transformasi digital internal bersama Microsoft.

TLKM akan mengakselerasi tingkat adopsi perusahaan terhadap layanan berbasis cloud dan lingkungan cloud yang aman, serta meningkatkan kompetensi melalui pelatihan dan sertifikasi Microsoft.

Hal ini dinilai akan membantu TelkomGroup untuk meningkatkan produktivitas karyawan, mempermudah proses kolaborasi, mengotomasi proses kerja, meningkatkan customer engagement, menciptakan inovasi, dan meningkatkan efisiensi kegiatan operasional secara aman.

Adapun dari sisi intelligent infrastructure, Telkom dan Microsoft akan berkolaborasi dalam pengembangan intelligent infrastructure nasional.

Kerja sama yang dijajaki misalnya meliputi penggunaan aset-aset infrastruktur Hyperscale Data Center Telkom untuk mendukung perjalanan transformasi digital Indonesia.

Indonesia diproyeksi akan menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2025 mendatang.

Menurut laporan agensi We Are Social, jumlah pengguna internet di Indonesia terus meningkat dalam lima tahun terakhir. Pada awal 2022, angka ini sudah mencapai 204,7 juta. Artinya, tingkat penetrasi internet di Indonesia sudah mencapai 73,7 persen.

Sejumlah keberhasilan utama terlihat dari keberhasilan Indonesia sebagai rumah bagi beberapa unicorn

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teknologi microsoft telkom Kinerja Emiten
Editor : Pandu Gumilar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top