PNM Bantu Masyarakat Kampung Keluarga Berkualitas Berdayakan Sampah Menjadi Rupiah

Keberadaan Bank Sampah diharapkan mampu meningkatkan kesadaraan masyarakat terhadap kebersihan lingkungan dan meningkatkan perekonomian warga sekitar.
Foto: dok. PNM
Foto: dok. PNM

Bisnis.com, CIREBON PT Permodalan Nasional Madani dalam mewujudkan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) memfasilitasi masyarakat Kampung Keluarga Berkualitas melalui Bank Sampah RW 07 Kayuwalang, Kota Cirebon. Keberadaan Bank Sampah diharapkan mampu meningkatkan kesadaraan masyarakat terhadap kebersihan lingkungan dan meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Tidak hanya memberikan fasilitas, PNM secara aktif melalukan monitoring untuk memastikan keberlangsungan Program Bank Sampah RW 07 Kayuwalang, Kota Cirebon. Kegiatan monitoring dihadiri oleh Ibu Mira Damayanti Hardjono selaku Kepala Divisi Jasa Manajemen, Kemitraan dan LKMS. 

PNM Bantu Masyarakat Kampung Keluarga Berkualitas Berdayakan Sampah Menjadi Rupiah

Foto: dok. PNM

“Dengan adanya Bank Sampah ini, diharapkan warga RW 07 Kayuwalang dapat mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. Serta, warga dapat memberdayakan sampah menjadi barang ekonomis. PNM akan terus memberikan dukungan melalui program TJSL, salah satunya adalah melalui kegiatan Bank Sampah,” ujar Mira.

Monitoring Bank Sampah juga dihadiri oleh Bapak Taiman selaku Ketua Kampung Keluarga Berkualitas Kayuwalang. “Terima kasih untuk PNM yang sudah memfasilitasi kebutuhan warga RW 07 untuk menjalankan program Bank Sampah.

Dengan berjalannya Bank Sampah, warga dan nasabah PNM Mekaar mendapatkan penghasilan tambahan dengan mengumpulkan sampah menjadi tabungan yang dapat diambil secara cash, ditukar dengan sembako, maupun untuk membayar cicilan pinjaman Mekaar,” ucap Taiman.

PNM Bantu Masyarakat Kampung Keluarga Berkualitas Berdayakan Sampah Menjadi Rupiah

Foto: dok. PNM

Pada program Bank Sampah, PNM memberikan fasilitas berupa; tong sampah, komposter, mesin pencacah daun, gerobak, dan timbangan sampah.

Dengan dukungan program Bank Sampah ini, Kampung Keluarga Berkualitas RW 07 Kayuwalang berhasil mendapatkan peringkat 2 dalam perlombaan Kampung Keluarga Berkualitas kategori Program Kebersihan Lingkungan tingkat Provinsi Jawa Barat pada Desember 2021 silam.

Sebagai informasi, hingga 28 Maret 2022 jumlah nasabah PNM Mekaar sebanyak 11.610.355 nasabah dalam skala nasional dengan penyaluran pembiayaan sebesar 118 T. Saat ini PNM memiliki 3.221 kantor layanan di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 provinsi, 422 Kabupaten/Kota dan 5.640 Kecamatan. Nasabah PNM Mekaar di Cirebon sebanyak 181.725 nasabah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper