Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Centratama (CENT) Rampungkan Akuisisi Menara AssetCo

PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk. (CENT) mengumumkan telah mengakuisisi saham PT EPID Menara AssetCo (EMA)
Logo Centratama Group/centratamagroup.com
Logo Centratama Group/centratamagroup.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk. (CENT) mengumumkan telah mengakuisisi saham PT EPID Menara AssetCo (EMA), anak usaha dari EdgePoint Group, untuk mengkonsolidasikan buku dan aset EMA di bawah Centratama Group.

Direktur Utama Centratama Group Yan Raymond mengatakan, akuisisi ini termasuk akuisisi aset sekitar 4.000 menara telekomunikasi yang diakuisisi EMA dari Indosat Ooredoo Hutchison pada 2021. Setelah akuisisi ini, kepemilikan menara Centratama Group mencapai lebih dari 9.000 situs menara di Indonesia, meningkat hampir dua kali lipat.

“Sebagai perusahaan yang menawarkan solusi telekomunikasi satu atap, Centratama Grup terus mencari peluang untuk mengembangkan portofolio menara telekomunikasi kami. Mengakuisisi EMA merupakan langkah strategis yang tepat bagi Centratama Group untuk memantapkan posisi kami sebagai salah satu perusahaan penyedia menara independen terbesar di Indonesia,” ujar Yan dalam keterangan resminya, Kamis (17/3/2022).

Pada 30 Desember 2021, Centratama Grup menandatangani Perjanjian Pembelian Saham Bersyarat (CSPA) dengan EMA dan pemegang sahamnya untuk mengakuisisi EMA.

Total penanaman modal tersebut senilai maksimal US$350 juta atau setara dengan Rp5,01 triliun, ditambah asumsi utang EMA yang ada.

Suresh Sidhu, Komisaris CENT dan Chief Executive Officer EdgePoint mengatakan, pihaknya sangat senang dengan transaksi ini karena akan mengukuhkan posisi Centratama Group sebagai entitas utama EdgePoint di Indonesia.

"Kini kami dapat menyalurkan investasi kami secara lebih efisien untuk memperluas rangkaian solusi konektivitas generasi berikutnya dari Centratama. Transaksi ini juga akan sangat mempermudah kami untuk bekerjasama dengan operator di tanah air,” kata Suresh.

Melalui akuisisi ini, Centratama Group juga akan mendapatkan keuntungan dari penyewa utama EMA, yaitu Indosat Ooredoo Hutchison, sebagai salah satu operator seluler terbesar di Indonesia dengan kontrak sewa jangka panjang yang ditandatangani pada Mei 2021.

Centratama Group juga mengumumkan hari ini, Kamis (17/3/2022) telah mendapatkan komitmen pinjaman setara dengan US$850 juta dari sekelompok bank domestik Indonesia dan internasional untuk membiayai kembali fasilitas kredit yang ada. Bank-bank tersebut juga akan menyediakan likuiditas lebih lanjut untuk mendukung rencana pertumbuhan ambisius group perusahaan di tahun-tahun mendatang.

Hal ini sejalan dengan strategi refinancing Centratama Group  yang menargetkan untuk mengurangi biaya pinjaman, lebih menyesuaikan mata uang arus kas dengan kewajiban, memastikan likuiditas yang memadai, dan memberikan fleksibilitas keuangan untuk pertumbuhan organisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper