Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Dibuka Ngebut, Investor Asing Borong Saham BBCA, BBRI, TLKM

Saham BBCA menjadi favorit investor asing saat IHSG rebound awal perdagangan hari ini.
Karyawan memantau pergerakan harga saham di Kantor Mandiri Sekuritas,  Jakarta, Rabu (15/7/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan memantau pergerakan harga saham di Kantor Mandiri Sekuritas, Jakarta, Rabu (15/7/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka naik ke zona hijau pagi ini seiring dengan aksi borong saham oleh investor asing.

Berdasarkan data Bloomberg, IHSG menguat 0,58 persen menjadi 6.958,52 pada Rabu (16/3/2022) pukul 09.01 WIB. Sesaat setelah perdagangan dibuka, indeks sempat menyentuh level tertinggi 6.961,47 dan level terendah 6.947,21.

Sebanyak 221 saham menguat, 65 saham melemah, dan 220 saham diperdagangkan stagnan pagi ini. Kapitalisasi pasar di Bursa Efek Indonesia tercatat Rp8.755,19 triliun.

Investor asing melakukan aksi beli bersih senilai Rp109,4 miliar di awal perdagangan. Saham PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) menjadi saham yang paling banyak dibeli investor asing pagi ini senilai Rp56,4 miliar. Harga saham BBCA naik 1,23 persen menjadi Rp8.250.

Selanjutnya saham PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) juga menjadi saham terbanyak kedua yang dibeli asing senilai Rp23,3 miliar. Harga saham BBRI naik 0,22 persen menjadi Rp4.620.

Saham PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) juga menjadi saham yang paling banyak diborong investor asing, yakni senilai Rp17,2 miliar. Harga saham TLKM naik 0,22 persen ke level Rp4.630.

Tim Riset Phintraco Sekuritas memperkirakan IHSG berpeluang tertekan menguji support 6.870, terutama di awal perdagangan (16/3/2022).

Menurut Phintraco Sekuritas, saham-saham bank, seperti BBCA, BBNI, BBRI dan BMRI yang diharapkan menopang IHSG, diperkirakan fluktuatif, terutama di awal perdagangan. Potensi rebound pada saham-saham komoditas, terutama migas dan batubara juga diperkirakan tertahan di perdagangan Rabu (16/3/2022).

Dengan demikian, saham-saham yang relatif defensif, seperti TLKM, PGAS, TBIG, AALI, SIMP, INDF, ICBP, CPIN dan JPFA dapat dicermati pada perdagangan hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper