Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GoTo IPO, Berikut Profil Komisaris Boy Thohir dan Wishnutama

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. akan melantai di pasar modal, beberapa stakeholders manajemen merupakan pesohor dunia bisnis.
Paparan publik penawaran umum perdana saham atau IPO PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. pada Selasa (15/3/2022).
Paparan publik penawaran umum perdana saham atau IPO PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. pada Selasa (15/3/2022).

Bisnis.com, JAKARTA – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. akan melantai di pasar modal, beberapa stakeholders manajemen merupakan pesohor dunia bisnis.

Bisnis rintisan raksasa, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. resmi bakal melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam waktu dekat. Calon emiten pun mulai mengumumkan jajaran internal pengurus baik komisaris maupun direksi perseroan.

GoTo mengumumkan rencana akan melaksanakan pencatatan saham perdana atau initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jadwal sementara IPO GoTo ditetapkan untuk melaksanakan penawaran awal pada 15-21 Maret 2022.

Dengan periode bookbuilding ini, maka IPO GoTo diharapkan memperoleh tanggal efektif 25 Maret 2022. Dengan demikian pemesanan saham perdana dapat dilakukan pada 29-31 Maret, sedangkan gelaran pencatatan saham perdana di BEI pada 4 April 2022.

Dalam prospektus IPO, GoTo akan melepas 52 miliar lembar saham senilai Rp1 dalam gelaran IPO ini. Jumlah ini setara dengan 4,35 persen saham yang disetor dan ditempatkan penuh.

Harga saham IPO GoTo ditetapkan berada dalam rentang Rp316-Rp346. Dengan demikian, aksi korporasi ini sebanyak-banyaknya akan mendapatkan suntikan modal Rp17,99 triliun dan sekurang-kurangnya Rp16,43 triliun.

Adapun, jajaran Komisaris GoTo ternyata diisi sederet nama yang sudah malang melintang dalam dunia bisnis. Berikut pengisi jajaran Komisaris GoTo.

  1. Komisaris Utama Garibaldi Thohir

Warga Negara Indonesia, lahir tahun 1965, Garibaldi diangkat menjadi Komisaris Utama GoTo sejak tahun 2021.

Saat ini Garibaldi juga menjabat sebagai Direktur PT Trinugraha Thohir sejak tahun 2021 dan Komisaris Utama sejumlah perusahaan di antaranya PT Puncak Emas Tani Sejahtera, PT Bumi Suksesindo, PT Trinugraha Food Industry, PT Padangbara Sukses Makmur, PT Pani Bersama Tambang, PT Merdeka Copper Gold Tbk, PT Alam Tri Abadi, PT Adaro Indonesia, PT Bhakti Energi Persada, PT Adaro Power, PT Surya Esa Perkasa Tbk, dan PT Wahana Artha Harsaka.

Kakak kandung Menteri BUMN Erick Thohir ini memperoleh gelar Bachelor of Science dari University of Southern California, Amerika Serikat (AS), pada tahun 1988. Beliau juga memperoleh gelar Master di bidang administrasi bisnis dari Northrop University, AS, pada tahun 1989.

  1. Komisaris Independen Robert Holmes Swan

Warga Negara Amerika Serikat (AS), lahir tahun 1960, Robert diangkat menjadi Komisaris Independen GoTo sejak 2021.

Saat ini, Robert juga menjabat sebagai Growth Operating Partner di Andreessen Horowitz, perusahaan modal ventura di Silicon Valley, AS, sejak tahun 2021 dan sejak tahun 2015 menjadi Direktur Independen, Ketua Manajemen Risiko, Anggota Komite Audit di eBay.

Tugas pentingnya di Andreessen Horowitz ialah mengidentifikasi dan menjajaki investasi baru, serta memberikan panduan dan alih-pengetahuan kepada para pendiri perusahaan pengelola portofolio yang ingin menjadi pemimpin global.

Robert memperoleh gelar Bachelor of Business Administration pada tahun 1983 dan Master’s in Business Administration pada tahun 1985 dari State University of New York, AS

  1. Komisaris Independen Dirk Van den Berghe

Warga Negara Belgia, lahir tahun 1963, Dirk diangkat menjadi Komisaris Independen GoTo sejak tahun 2021.

Saat ini Dirk juga menjabat sebagai Non-Executive Director Colruyt, perusahaan publik yang bergerak di bidang ritel di Belgia, sejak tahun 2021.

Dirk pernah menjabat sebagai dewan di beberapa perusahaan lain di antaranya Anggota Dewan, Ketua Komite Nominasi & Tata Kelola dan Anggota Komite Audit dan Investasi Flipkart dari tahun 2018 hingga 2021, Board Observer Walmart Representative di JD.com dari tahun 2016 hingga tahun 2018, dan Chairman Walmart Canada Bank sejak tahun 2014 hingga 2016.

Dirk memperoleh gelar Bachelor dan Master di bidang Business Management dari State University of Ghent, Belgia, masing-masing tahun 1983 dan 1985. Dirk  meraih gelar Doctor of Philosophy (Ph.D) di bidang ekonomi dari Sofia University St. Kliment Ohridski, Bulgaria pada tahun 1991.

  1. Komisaris Caesar Sengupta

Warga Negara Singapura, lahir tahun 1976, Caesar diangkat menjadi Komisaris GoTo sejak tahun 2021.

Caesar adalah pendiri dan Chief Executive Officer (CEO) Arbo Works, perusahaan teknologi keuangan yang didanai oleh perusahaan modal ventura tertutup yang tersebar di Singapura dan San Francisco Bay Area, Amerika Serikat (AS).

Sebelum di Arbo Works, Caesar memiliki pengalaman bekerja selama  15 tahun di Google dan memimpin beberapa akuisisi dan investasi strategis, dengan jabatan terakhir sebagai Vice President and General Manager, Payments & Next Billion Users, dari 2018 hingga 2021.

Caesar meraih gelar Master of Science in Computer Science with Distinction in Research dari Stanford University, AS pada tahun 2001 dan Master of Business Administration yang diperolehnya dari Wharton School, University of Pennsylvania, AS,pada tahun 2006.

  1. Komisaris Wishnutama Kusubandio

Warga Negara Indonesia, lahir pada tahun 1970, Wishnutama diangkat menjadi Komisaris GoTo sejak tahun 2021. Saat ini beliau juga menjabat sebagai Komisaris PT Tokopedia dan Komisaris Utama PT Telkomsel sejak tahun 2021.

Sebelumnya, Wishnutama menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dari tahun 2019 hingga tahun 2020.

Selama 27 tahun karirnya, Wishnutama telah memegang peran strategis di berbagai perusahaan, terutama di industri media, digital, dan kreatif.

Wishnutama memperoleh gelar Bachelor of Communication dari Mount Ida College di Massachusetts, Amerika Serikat (AS), pada tahun 1994. Beliau juga mengikuti The Military College of Vermont, Norwich University dan Emerson College di AS, saat belajar produksi televisi.

Selain itu, Wishnutama telah berpartisipasi dalam berbagai program eksekutif di Harvard Kennedy School, Harvard Business School dan GE Management Development Institute.

  1. Komisaris / Co-Founder William Tanuwijaya

Warga Negara Indonesia, lahir pada tahun 1981, William diangkat menjadi Komisaris GoTo sejak tahun 2021.

William adalah salah satu pendiri Tokopedia dan saat ini memimpin Tokopedia sebagai Chief Executive Officer (CEO). Dalam peran krusialnya, William merancang dan mengimplementasikan misi Tokopedia dan strategi bisnis secara keseluruhan.

Beliau membangun Tokopedia menjadi perusahaan yang mempelopori transformasi digital di Indonesia, mengakselerasi pemerataan ekonomi melalui teknologi, mendorong pertumbuhan UMKM lokal, meningkatkan inklusi keuangan, dan mempermudah kehidupan jutaan orang di Indonesia.

William memperoleh gelar Sarjana Ilmu Komputer dari Universitas Bina Nusantara (Binus), Indonesia, pada 2003. Pada tahun 2019, William menerima Satyalancana Wira Karya atas kontribusinya terhadap pertumbuhan teknologi dan ekonomi Indonesia dan dinobatkan sebagai Indonesia’s Businessman of the Year oleh Forbes dan Indonesia Entrepreneur of the Year oleh Ernst & Young.

Pada 2021, William juga menerima salah satu penghargaan Businesspersons of the Year oleh Fortune Indonesia.

Adapun jajaran lengkap Dewan Komisaris dan Direksi GoTo yakni :

Dewan Komisaris

Komisaris Utama : Garibaldi Thohir

Komisaris Independen : Robert Holmes Swan

Komisaris Independen : Dirk Van den Berghe

Komisaris : Caesar Sengupta

Komisaris : Wishnutama Kusubandio

Komisaris : William Tanuwijaya

 

Direksi

Direktur Utama : Andre Soelistyo

Direktur : Kevin Bryan Aluwi

Direktur : Wei-Jye Jacky Lo

Direktur : Melissa Siska Juminto

Direktur : Hans Patuwo

Direktur : Anthony Wijaya

Direktur : Catherine Hindra Sutjahyo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper