Mengintip Rahasia Sukses Penjualan Space Roastery, Usaha Roast Kopi di Yogyakarta

Space Roastery menargetkan orang yang memiliki ketertarikan untuk mengolah kopi sendiri dengan alat-alat manual. 
Foto: dok.Space Roastery
Foto: dok.Space Roastery

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi sebagian pihak, pandemi Covid-19 menyebabkan roda bisnis tersendat. Namun hal itu tidak berlaku bagi Space Roastery. 

Ya, usaha yang didirikan oleh William Christiansen itu justru mengalami lonjakan order selama pandemi. Semula, Space Roastery menargetkan home brewer atau orang yang memiliki hobi dan ketertarikan untuk mengolah dan membuat kopi sendiri di rumah dengan alat-alat manual. 

“Mulai 2018 baru merambah bisnis B2B ke coffee shop yang memerlukan pasokan biji kopi dengan visi meningkatkan konsumsi kopi di Indonesia. Sebelumnya kami fokus ke home brewer, habitual drinker,” ujarnya. 

Space Roastery, tuturnya, juga memiliki keunikan mengolah produk kopi lokal yang dideskripsikan dengan rasa yang mirip dengan pisang, jeruk, coklat, agar pembeli bisa lebih relate dengan rasa yang ditawarkan.

Packaging produk juga dibuat semenarik mungkin, sehingga memiliki nilai tambah tersendiri. Dalam hal pemasaran, pihaknya menjual produk melalui website, serta channel penjualan di e-commerce

Selain berjualan online, Space Roastery juga memiliki outlet yang memungkinkan target pelanggannya datang dan mencoba produknya. Outletnya dinamakan Space Roastery Slow Bar dan terdapat di dua wilayah di Yogyakarta.  

“Prioritas strategi bisnis adalah lokasi offline tetap perlu untuk visibility ke customer dan berikan experience dan di store bisa pilih langsung. Space Roastery tetap menerapkan protokol kesehatan selama pandemi, misalnya waktu pembukaan dibatasi,” ucapnya. 

Tidak hanya itu, Space Roastery juga memanfaatkan platform digital untuk membantu operasional bisnisnya agar lebih efisien dan bisa fokus pada strategi bisnis. Space Roastery memanfaatkan Moka untuk mengelola transaksi di outlet, termasuk memanfaatkan fitur program loyalitas agar bisnis dapat tetap terhubung dengan pelanggan yang sesuai dengan pasarnya. Dia juga mengaku tidak perlu sering datang ke outlet, karena ia bisa mengawasi transaksi secara real-time menggunakan Moka. 

Mengintip Rahasia Sukses Penjualan Space Roastery, Usaha Roast Kopi di Yogyakarta
Foto: dok. Space Roastery

Pada masa pandemi, ketika berbagai usaha banyak mengalami berbagai macam tantangan, nilai penjualan Space Roastery justru mengalami meningkat sebanyak 143% di tahun 2021, jika dibandingkan tahun sebelumnya. Strategi yang diterapkan oleh William dan tim dalam meningkatkan bisnis di masa pandemi adalah dengan memanfaatkan kesempatan bagi aktivitas yang terjadi di masa pandemi, misalnya semakin banyaknya orang yang tertarik dengan home brewing untuk mengisi waktu di rumah, atau mencoba mengolah minuman kopi sendiri. 

Ia juga memanfaatkan kanal Instagram untuk edukasi mengenai cara, jenis, dan perbedaan dari tiap produk yang dimiliki. Dari awal bisnisnya, Space Roastery telah membangun sebuah komunitas bernama Home Brewers Indonesia, yang bertujuan untuk saling mengumpulkan ide-ide, pengalaman, dan juga para home brewer di Indonesia yang memiliki passion sama, sehingga dapat menarik insight yang bisa dituangkan dalam produk Space Roaster serta meningkatkan brand awareness Space Roastery.

Saat ini, anggota komunitas Home Brewers Indonesia berjumlah lebih dari 17.000. Komunitas menjadi hal yang penting dalam bisnis Space Roastery, seperti yang dikutip dalam acara A Cup of Moka Conference 2022 Januari saat William memberikan tips bisnis.

Bisnis Space Roastery mengandalkan Moka yang merupakan layanan POS (Point of Sales) berbasis cloud dengan menyediakan solusi menyeluruh dalam bentuk fitur bagi para pelaku usaha untuk memudahkan mereka berjualan dengan lebih efisien.

Karan Doeana, Head of Marketing Commerce Enablement GoTo Financial mengungkapkan, fitur yang terdapat dalam Moka diantaranya real-time dashboard, manajemen inventory dan stok, penerimaan e-wallet, fitur program loyalitas pelanggan, serta terintegrasi dengan GoStore. 

Moka, lanjutnya, telah dipercaya oleh lebih dari 40.000 merchant di seluruh Indonesia mulai dari kota-kota besar di Pulau Jawa hingga ke Papua yang meliputi Manokwari, Jayapura hingga Boven Digoel. 

Menurutnya, dengan meningkatnya kepercayaan dari para pelaku bisnis dan meluasnya produk dalam ekosistem yang ditawarkan, pada 2022 Moka berupaya untuk fokus dalam memperluas solusi agar dapat menjadi partner terbaik bagi pelaku usaha dapat mengembangkan bisnisnya. 

Mengintip Rahasia Sukses Penjualan Space Roastery, Usaha Roast Kopi di Yogyakarta
Foto: dok. Space Roastery

Moka, kata dia, merupakan solusi bisnis bagian dari grup teknologi GoTo Financial. Beberapa solusi bisnis lain dari GoTo Financial adalah GoBiz, GoBiz Plus, Midtrans, Selly, dan GoStore. 

“Telah menjadi misi Moka untuk memberikan solusi yang dapat membantu bisnis berkembang, terutama di masa pandemi. Dengan menggunakan Moka, pelaku usaha dapat fokus menyusun strategi bisnis kedepan dan mempercayai kegiatan operasional bisnis dengan layanan dan fitur yang tersedia,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper