Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Dibuka Melejit, Saham JKON Terbang Berkat Menang Tender Sirkuit Formula E

Saham emiten PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk. (JKON) terbang 28,57 persen ke posisi Rp135 pada 09.09 WIB.
Logo PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama TBk.
Logo PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama TBk.

Bisnis.com, JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat pada perdagangan hari ini, Senin (7/2/2022).

Berdasarkan data Bloomberg, pada pukul 09.00 WIB IHSG dibuka pada zona hijau di posisi 6.751,34. IHSG sempat mencatatkan posisi tertinggi pada 6.758,62 beberapa menit setelah pembukaan

Tercatat, 224 saham menguat, 63 saham melemah dan 219 saham bergerak ditempat. Investor asing tercatat membukukan aksi net foreign buy Rp55,89 miliar.

Investor asing tercatat membeli saham PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) sebesar Rp20,6 miliar, atau yang terbanyak sejauh ini. Menyusul dibelakangnya adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) senilai Rp15,3 miliar dan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) sebesar Rp6,5 miliar.

Sementara itu, saham emiten PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk. (JKON) terbang 28,57 persen ke posisi Rp135 pada 09.09 WIB, berkat perseroan yang menang tender sirkuit Formula E. 

Sebelumnya, Direktur MNC Asset Management Edwin Sebayang memperkirakan IHSG berpeluang melanjutkan penguatan di awal pekan ini. Hal ini seiring dengan kenaikan harga sejumlah komoditas.

"IHSG diperkirakan berpeluang melanjutkan penguatannya didorong kenaikan harga beberapa komoditas diantaranya minyak, batu bara, CPO, emas, nikel, dan timah. Kenaikan terjadi di tengah kenaikan tajam yield Obligasi AS tenor 10 tahun sebesar 1,43 persen menjadi 1,916 persen," jelasnya Senin (7/2/2022).

Bahkan yield obligasi AS tenor 2 tahun naik tajam menjadi 1,316 persen, serta semakin naiknya korban baru akibat Covid-19 di Indonesia yang mencapai 36.000 orang perhari dan diperkirakan bisa mencapai 100.000 hingga 150.000 orang perhari dalam beberapa hari ke depan.

Selain itu, ekuatan Rusia sudah mencapai posisi 70 persen dari kekuatan yang diinginkan sebelum menginvasi Ukraina.

Edwin selanjutnya memperkirakan IHSG bergerak di rentang 6.688 - 6.783. Adapun, sejumlah saham yang direkomendasikan diantaranya, MEDC, AGII, MTDL, TOWR, KLBF, BSDE, BBTN, ACES, BBRI, dan IRRA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper