Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Jaya Konstruksi Manggala Pratama (JKON), Tender Formula E Angkat Kinerja?

PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk. (JKON) memiliki kompetensi inti di sektor infrastruktur dan sektor konstruksi bangunan, perdagangan aspal dan bahan bakar gas cair (LPG), pabrikasi beton pracetak dan pekerjaan mekanikal dan elektrikal serta jasa pemeliharaan.
PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk. (JKON) pernah ikut serta dalam konstruksi Mass Rapid Transit paket 103 & 104/Istimewa
PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk. (JKON) pernah ikut serta dalam konstruksi Mass Rapid Transit paket 103 & 104/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten kontraktor PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk. terpilih untuk mengerjakan pembangunan sirkuit Jakarta E-Prix atau Formula E 2022. Kendati nilai kontrak proyek ini belum diungkapkan, namun investor memberikan apresiasi positif lewat pergerakan harga saham emiten dengan ticker JKON tersebut.

Berdasarkan data Bloomberg pada Senin (7/2/2022), harga saham JKON melesat 27,62 persen menjadi Rp134. Harga sempat menyentuh level tertinggi Rp141 sesaat setelah perdagangan dibuka.

Adapun, emiten dari Grup Jaya ini merupakan perusahaan infrastruktur terintegrasi. Perseroan memiliki kompetensi inti di sektor infrastruktur dan sektor konstruksi bangunan, perdagangan aspal dan bahan bakar gas cair (LPG), pabrikasi beton pracetak dan pekerjaan mekanikal dan elektrikal serta jasa pemeliharaan.

Bisnis perseroan termasuk yang tertekan oleh pandemi sejak 2020. Dilihat dari laporan keuangan per 30 September 2021, JKON mengalami penurunan pendapatan usaha sebesar 1,88 persen menjadi Rp1,95 triliun dibandingkan sebelumnya Rp1,99 triliun.

Dengan bagian rugi dari ventura bersama anjlok hingga Rp39,08 miliar pada akhir kuartal III/2020 dibandingkan posisi laba Rp32,15 miliar pada periode yang sama tahun lalu, rugi bersih JKON pun membengkak hingga Rp90,03 miliar. Adapun, pada kuartal III/2020 tercatat rugi bersih JKON senilai Rp48,50 miliar.

Kendati demikian, pendapatan jasa konstruksi JKON terpantau sudah meningkat pada periode sembilan bulan pertama tahun lalu. Perseroan membukukan pendapatan jasa konstruksi senilai Rp755,62 miliar atau naik 2,14 persen secara tahunan. Kenaikan pendaptan dari aspal sebesar 9,66 persen menjadi Rp541,57 miliar dan gas naik 27,30 persen mnejadi Rp291,37 mliar.

Pada akhir pekan lalu, Vice Managing Director Organizing Committee (OC) Jakarta EPrix 2022 Gunung Kartiko mengumumkan JKON sebagai pemenang tender proyek sirkuit Formula E 2022.

Keputusan kemenangan JKON selah perseroan lulus melewati berbagai kriteria penilaian yang telah ditetapkan persyaratannya dan hasil klarifikasi bersama-sama dengan tim konsultan pelaksana, tim adhoc procurement perseroan, serta tim Formula E, agar sesuai dengan standar kualitas terbaik dan ketepatan waktu dalam pelaksanaan pembangunan sirkuit balapan E-Prix 2022.

“Mereka memiliki banyak peralatan yang mumpuni dan tenaga ahli yang telah bertahun-tahun berkecimpung di bidang konstruksi,” ujar Gunung Kartiko selaku Vice Managing Director Organizing Committee (OC) Jakarta EPrix 2022 dalam keterangan resminya, Sabtu (5/2/2022).

Setidaknya saat ini JKON masih mengerjakan sejumlah proyek seperti upgrading Rinjani Structure, Batu Merah; Sodetan Kali Cilwung BKT; Irigasi Lhok Guci; Enam Ruas Tol Dalam Kota Tahap 1A; dan Bendungan Cipanas.

Selain itu, JKON juga terlibat dalam proyek Revitalisasi TIM Tahap III, Rusun Penjaringan, Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Enam Ruas Tol Dalam Kota Tahap 1B, dan Pekan Baru North Sewerage NC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper