Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Aramco Naikkan Harga Jual Minyak untuk Pasar Asia, AS, dan Eropa

Aramco menaikkan minyak Arab Light utamanya untuk wilayah tersebut sebesar 60 sen dari Februari menjadi US$2,80 per barel di atas patokan yang digunakannya.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 05 Februari 2022  |  23:59 WIB
Aramco Naikkan Harga Jual Minyak untuk Pasar Asia, AS, dan Eropa
Tangki minyak Aramco terlihat di fasilitas produksi di ladang minyak Saudi Aramco di Shaybah, Arab Saudi, Selasa (22/5/2018). - Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan minyak Arab Saudi Aramco menaikkan harga minyak untuk pelanggan di Asia, AS dan Eropa setelah minyak mentah melonjak mendekati hampir $95 per barel.

Perusahaan negara Saudi Aramco meningkatkan semua nilai untuk pasar utamanya di Asia pada bulan Maret, menurut beberapa orang yang mengetahui masalah tersebut.

Perusahaan menaikkan minyak Arab Light utamanya untuk wilayah tersebut sebesar 60 sen dari Februari menjadi US$2,80 per barel di atas patokan yang digunakannya.

Harga minyak Asia melonjak antara 40 dan 70 sen per barel, sementara harga di AS naik 30 sen.

Minyak mentah Brent telah naik sekitar 20 persen sepanjang awal tahun 2022 menjadi lebih dari US$93 per barel. Kenaikannya terjadi karena konsumsi global tetap kuat meskipun ada penyebaran varian virus omicron. Selain itu, stok minyak telah anjlok pada tahun lalu dan banyak produsen utama berjuang untuk memompa lebih banyak minyak mentah.

Keputusan Aramco datang beberapa hari setelah OPEC+ memilih untuk meningkatkan produksi minyak mentah hariannya sebesar 400.000 barel per hari bulan depan, sesuai dengan ekspektasi para pedagang.

Banyak analis energi meragukan kelompok tersebut, yang dipimpin oleh Arab Saudi dan Rusia, akan menambahkan sebanyak itu kembali ke pasar karena masalah pasokan di antara beberapa anggotanya.

Saudi Aramco adalah pengekspor minyak terbesar dunia. Lebih dari 60 persen pengirimannya ke Asia, dengan China, Jepang, Korea Selatan, dan India sebagai pembeli terbesar. Pergerakan harga Aramco sering menjadi penentu bagi produsen lain di Timur Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Harga Minyak saudi aramco arab saudi

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top