Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dua Entitas Austindo (ANJT) di Papua Raih Sertifikasi RSPO

Anak usaha PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJT) di Papua mendapatkan sertifikasi dari Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO).
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 10 Januari 2022  |  10:55 WIB
Aktivitas di perkebunan PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJT). Istimewa
Aktivitas di perkebunan PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJT). Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Permata Putera Mandiri (PPM) dan PT Putera Manunggal Perkasa (PMP), anak usaha PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJT), baru-baru ini mendapatkan sertifikasi dari Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO)

RSPO merupakan bentuk pemenuhan persyaratan terhadap sawit berkelanjutan dan bertanggung jawab. Penilaian sertifikasi tersebut dilakukan oleh PT Mutuagung Lestari, lembaga terakreditasi RSPO.

Sertifikat atas pemenuhan Prinsip dan Kriteria RSPO tersebut dikeluarkan pada tanggal 23 Desember 2021 dan berlaku selama lima tahun.

Geetha Govindan, Wakil Direktur Utama ANJT, menyampaikan perusahaan telah menjadi anggota RSPO sejak Februari 2007. Sertifikasi untuk mill PMP dan PPM sebagai pemasok menjadi anak usaha kelapa sawit ke-5 dari ANJ yang disertifikasi oleh RSPO.

"Pencapaian ini menunjukkan komitmen ANJ dalam melakukan tata kelola kelapa sawit yang berkelanjutan dengan mengutamakan pengembangan lingkungan yang bertanggung jawab dan mendukung program pemerintah yang berkelanjutan," paparnya dalam keterangan resmi, Senin (10/2/2022).

Ruang lingkup dari sertifikasi RSPO ini adalah untuk satu unit pabrik kelapa sawit PMP dan empat perkebunan yang dikelola oleh PMP dan PPM.

Dua perkebunan yang dikelola oleh PMP, Kebun Kasuari dengan total area seluas 4,629.41 Ha dan Kebun Cenderawasih seluas 6,670.95 Ha dengan total 11,300.36 Ha (sudah termasuk alokasi kebun plasma) terletak di Distrik Aifat Selatan dan Kais, Kabupaten Maybrat dan Sorong Selatan.

Perkebunan yang dikelola oleh PPM, yaitu Kebun Gaina seluas 2,769.44 Ha Distrik Kais, Kabupaten Sorong Selatan, serta kebun Metamani seluas 6,298.12 Ha dengan total 9,067.56 Ha (sudah termasuk alokasi kebun plasma) yang terletak di Distrik Metamani, Kabupaten Sorong Selatan.

Pada tahun 2020 dan 2021, PPM telah menghasilkan Tandan Buah Segar (TBS) masing-masing sebanyak 23.964 MT dan 42.452 MT, sedangkan PMP telah menghasilkan TBS masing-masing sebanyak 40.620 MT dan 62.938 MT.

Selain itu, minyak kelapa sawit dan minyak inti sawit yang telah dihasilkan pada tahun 2021 adalah 22.152 MT dan 1.080 MT, hasil tersebut meningkat dari tahun 2020 dengan jumlah masing-masing sebesar 8.879 MT dan 363 MT.

“Pada umumnya minyak sawit bersertifikasi RSPO kami menggunakan metode Mass Balance. Namun, saat ini mill PMP yang menggunakan metode Identity Preserved (IP) sebagai model rantai pasok dimana seluruh TBS tersertifikasi 100 persen,” ujar Geetha Govindan.

Geetha mengatakan bahwa ANJ telah menjadi perusahaan perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan lantaran memperoleh sertifikasi minyak sawit berkelanjutan, baik dari RSPO, ISPO dan ISCC.

Untuk sertifikasi ISPO, Grup ANJ telah mendapatkan sertifikat untuk ke empat anak perusahaannya, yaitu PT Austindo Nusantara Jaya Agri Siais (ANJAS) dan PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM), PT Austindo Nusantara Jaya Agri Binanga (ANJA), dan PT Kayung Agro Lestari (KAL). Sedangkan sertifikasi ISPO untuk PMP, saat ini masih dalam proses untuk penyerahan sertifikasi hasil dari audit.

Sampai dengan akhir Desember 2021, dua anak perusahaan ANJ, KAL dan SMM telah melakukan pembinaan kepada lebih dari 1.700 petani plasma dan kemitraan dengan luas lahan lebih dari 3.000 Ha.

Selain itu, sampai dengan akhir tahun 2021, tujuh mitra koperasi petani kelapa sawit Grup ANJ telah menjadi petani bersertifikat RSPO.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sawit rspo austindo pt austindo nusantara jaya
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top