Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ambil 5 Persen Saham MDKA dan Ingin Bangun Pabrik Baterai, Ini Profil CATL

Hong Kong Brunp Catl Co. Ltd., berkomitmen untuk menjadi investor strategis dengan kepemilikan saham hingga 5 persen di MDKA.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 22 Desember 2021  |  20:00 WIB
Presiden Direktur PT Merdeka Copper Gold Tbk. (MDKA) Albert Saputro (kedua kiri) bersama Wakil Presiden Direktur MDKA Simon James Milroy (kiri), Direktur MDKA Titien Supeno (tengah), Direktur Independen MDKA Chrisanthus Supriyo (kedua kanan) dan Direktur MDKA Michael William Soeryadjaya (kanan) foto bersama usai pelaksanaan RUPST dan RUPSLB MDKA di Jakarta, Selasa (25 - 5).
Presiden Direktur PT Merdeka Copper Gold Tbk. (MDKA) Albert Saputro (kedua kiri) bersama Wakil Presiden Direktur MDKA Simon James Milroy (kiri), Direktur MDKA Titien Supeno (tengah), Direktur Independen MDKA Chrisanthus Supriyo (kedua kanan) dan Direktur MDKA Michael William Soeryadjaya (kanan) foto bersama usai pelaksanaan RUPST dan RUPSLB MDKA di Jakarta, Selasa (25 - 5).

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten pertambangan logam Grup Saratoga, PT Merdeka Copper Gold Tbk. (MDKA) mengumumkan bahwa Hong Kong Brunp Catl Co. Ltd., afiliasi dari Contemporary Amperex Technology Co., Limited (Brunp Catl/CATL), akan menjadi investor strategis perseroan.

Mengutip keterangan resmi MDKA, Contemporary Amperex Technology Co., Limited merupakan perusahaan global pada sektor inovasi teknologi new energy.

CATL mengungkapkan bahwa perusahaan tersebut berkomitmen untuk menyediakan solusi primer dan layanan untuk aplikasi new energy secara global.

Pada Juni 2018, CATL resmi terdaftar sebagai perusahaan terbuka di bursa Shenzhen Stock Exchange dengan kode saham 300750.

Berdasarkan riset Surface Nano-Engineering (SNE) pada 2020, volume konsumsi EV baterai CATL menempati peringkat pertama di seluruh dunia dalam empat tahun berturut-turut. CATL juga dikenal oleh para pengguna jasa manufaktur original equipment manufacturer (OEM).

Perusahaan tersebut juga mempertahankan inovasi berkelanjutan dalam empat dimensi termasuk sistem baterai kimia, sistem struktur, sistem manufaktur dan model bisnis.

Hal tersebut dipertahankan demi mewujudkan tujuan penggantian bahan bakar fosil ke sistem energi stasioner dan kemudian mewujudkan sistem tenaga listrik efisien yang dihasilkan melalui baterai canggih dan energi terbarukan.

Wakil Presiden Direktur dan CEO MDKA Simon Milroy menyampaikan MDKA mengumumkan rencana rights issue pada Selasa (21/12/2021).

Sehubungan dengan rencana rights issue tersebut, Hong Kong Brunp Catl Co. Ltd., berkomitmen untuk menjadi investor strategis dengan kepemilikan saham hingga 5 persen di MDKA.

"Selain melakukan investasi strategis di perusahaan kami, Brunp Catl dan MDKA berniat menjalin kemitraan strategis di Indonesia," paparnya dalam keterangan resmi.

Sebagai pengakuan atas kekuatan yang saling melengkapi dan untuk menunjukkan komitmen kedua perusahaan, para pihak telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk terlibat dalam kerja sama dengan fokus pada rantai pasokan logam baterai di Indonesia.

Merdeka dan Brunp Catl mempertimbangkan pembentukan platform investasi untuk investasi sumber daya mineral untuk rantai nilai logam baterai, seperti nikel, kobalt, litium, tembaga, mangan, dan aluminium.

Brunp Catl berhak atas hak offtake atau pembeli sehubungan dengan proyek yang dilakukan oleh platform ini. Platform MDKA dan Brunp Catl ini juga akan mengembangkan kawasan industri logam baterai serta mendukung sumber energi hijau.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

saratoga investama sedaya merdeka copper CATL rights issue
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top