Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

XL Axiata (EXCL) Bantu Warga Tingkatkan Kualitas Olahan Ikan Asin

Solusi IoT yang dihadirkan XL Axiata (EXCL) nantinya akan membantu warga mendapatkan olahan hasil laut, khususnya ikan asin, yang lebih baik.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 20 Desember 2021  |  00:08 WIB
Pekerja melakukan proses penggaraman ikan asin di Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (25/7). - ANTARA/Harviyan Perdana Putra
Pekerja melakukan proses penggaraman ikan asin di Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (25/7). - ANTARA/Harviyan Perdana Putra

Bisnis,com, JAKARTA — PT XL Axiata Tbk.(EXCL) menghadirkan layanan internet untuk segalanya (internet of things) bagi warga di Desa Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat. 

Solusi ini diharapkan dapat membantu meningkatkan produktivitas warga di desa, yang mayoritas mata pencariannya sebagai nelayan, dalam mengelola ikan asin. 

Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O Baasir mengatakan perseroan baru saja menghadirkan perangkat IoT untuk mendukung produktivitas warga di Desa Tanjung Pakis, Kabupaten Karawang. 

Solusi IoT yang dihadirkan XL nantinya akan membantu warga mendapatkan olahan hasil laut, khususnya ikan asin, yang lebih baik.

“Perangkat ini akan membantu proses pengeringan yang lebih berkualitas dengan memanfaatkan energi dari panel surya,” kata Marwan kepada Bisnis, Minggu (19/12/2021). 

Dia mengatakan perangkat IoT inovatif tersebut diinisiasi oleh para awardee XLFL  Batch 8.

Marwan mengatakan selain menghadirkan solusi IoT, XL juga meluncurkan program Desa Digital Nusantara (DDN) di desa tersebut. 

Program DDN bertujuan mendorong pemberdayaan desa dan komunitasnya melalui adopsi teknologi digital ke seluruh elemen kehidupan di desa. 

Program DDN akan mencakup aktivitas bersifat edukasi untuk meningkatkan literasi digital warga, pembangunan fasilitas umum, instalasi sarana dan prasarana digital, hingga donasi. 

“Di sini ada potensi mulai perikanan, tambak, wisata, hingga UMKM. Komunitas penggerak ekonominya beragam dan aktif. Produk yang mereka hasilkan juga punya nilai jual tinggi," kata Marwan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata perikanan excl Internet of Thing-IoT
Editor : M. Nurhadi Pratomo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top