Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pan Brothers (PBRX) Lolos Gugatan Pailit oleh Maybank, Apa Selanjutnya?

PBRX telah menyelesaikan skema-skema restrukturisasi dan menyampaikan proposal term sheet kepada bank-bank di sindikasi maupun bilateral.
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 16 November 2021  |  14:20 WIB
Proses penjahitan produk tekstil di pabrik PT Pan Brothers Tbk.  - panbrotherstbk.com
Proses penjahitan produk tekstil di pabrik PT Pan Brothers Tbk. - panbrotherstbk.com

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten tekstil PT Pan Brothers Tbk. (PBRX) lolos dari permohonan pailit yang diajukan Maybank Indonesia.

Dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Pan Brothers menyampaikan majelis hakim memutuskan menolak permohonan pailit yang diajukan Maybank untuk seluruhnya.

"Majelis hakim juga memutuskan menghukum Maybank untuk membayar biaya perkara yang timbul akibat permohonan pernyataan pailit ini," tulis Manajemen PBRX, dikutip Selasa (16/11/2021).

Setelah lolos dari gugatan pailit ini, manajemen PBRX mengatakan perseroan bersama penasihat keuangan maupun penasihat hukum, telah menyelesaikan skema-skema restrukturisasi dan menyampaikan proposal term sheet kepada bank-bank di sindikasi maupun bilateral.

Di dalam term sheet, perseroan dan group meminta perpanjangan jatuh tempo atas fasilitas yang diberikan 2 tahun untuk bilateral aktif dan sindikasi, dan 3 tahun untuk bilateral pasif.

"Secara umum bank-bank dimaksud telah menyetujui proposal term sheet sebagaimana dimaksud," kata Manajemen PBRX.

Manajemen PBRX melanjutkan, sejak Oktober 2020 sampai saat ini, Pan Brothers dan Grup selalu dan tetap membayar kewajiban bunga secara rutin. Utang kepada para bank adalah utang modal kerja dan diperlukan untuk kepentingan modal kerja perseroan, agar penjualan perseroan tidak mengalami penurunan yang drastis.

"Sehingga memang fasilitasnya tetap diperlukan namun bunga tetap bisa kami bayarkan," kata Manajemen PBRX.

Tantangan yang dihadapi di masa pandemi Covid-19 dan dihentikannya fasilitas kredit yang digunakan sebagai modal kerja, membuat kondisi arus kas PBRX menjadi sangat tertekan. Namun, di tengah situasi yang kurang mendukung, perseroan masih dapat membukukan laba positif hingga saat ini.

"Semua itu dapat terealisasi karena dukungan dan kepercayaan dari buyer dan supplier agar kegiatan operasional dapat terus berjalan normal tanpa adanya pengurangan karyawan/PHK," ujar PBRX.

PBRX pun percaya semua usaha maksimal yang telah dilakukan akan mewujudkan rencana bisnis perseroan dan sejalan dengan upaya pemerintah mendukung pemulihan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Menurut PBRX, saat ini market untuk industri tekstil sangat terbuka dengan peluang menerima shifting order dari banyak negara, yang melihat Indonesia sebagai negara yang paling siap untuk menerima pesanan tersebut.

"Pan Brothers dan Group khususnya, merupakan produsen partner dari berbagai brand dunia yang memiliki tingkat compliance yang tinggi baik compliance social, safety, maupun technical dengan standar ekspor," ucap PBRX.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

maybank gugatan hukum pan brothers pbrx
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top