Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Itama Ranoraya (IRRA) Jual Saham Treasury Rp198,8 Miliar Buat DP Akuisisi Oneject

Saham treasury tersebut diperoleh dari pelaksanaan program buyback yang dilakukan oleh perseroan pada tahun 2020.
Jajaran Direksi dan Komisaris PT Itama Ranoraya Tbk. saat seremoni pencatatan perdana saham perseroan di Bursa Efek Indonesia pada Selasa (15/10/2019). - Bisnis/Azizah Nur Alfi
Jajaran Direksi dan Komisaris PT Itama Ranoraya Tbk. saat seremoni pencatatan perdana saham perseroan di Bursa Efek Indonesia pada Selasa (15/10/2019). - Bisnis/Azizah Nur Alfi

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten distributor alat suntik PT Itama Ranoraya Tbk (IRRA) telah melepas atau menjual saham treasury sebesar Rp198,8 miliar.

Saham treasury tersebut diperoleh dari pelaksanaan program buyback yang dilakukan oleh perseroan pada tahun 2020 di tengah kondisi pasar yang berfluktuasi secara signifikan akibat dampak Pandemi Covid-19.

Perseroan berhasil melepas saham treasury di harga Rp1.988 per lembar, harga tersebut 277 persen lebih tinggi dari harga rata-rata harga pembeliannya yang tercatat sebesar Rp527 per lembar saham.

Keuntungan tersebut akan menjadi penambah ekuitas Perseroan melalui penambahan agio saham. Total nilai transaksi dari pelepasan saham treasury yang didapatkan oleh Perseroan sebesar Rp198,8 miliar.

Dampak dari transaksi tersebut, akan menambah nilai ekuitas dan nilai aset Perseroan sebesar nilai penjualan saham treasury setelah dikurangi biaya penjualan.

Pada 30 September 2021, Perseroan melakukan CSPA dengan para pemegang saham PT Oneject Indonesia (Oneject) sebagai bentuk ikatan untuk rencana akuisisi.

Perseroan menggunakan hasil penjualan treasury tersebut, sebagai uang muka (down payment) yang diserahkan kepada para pemegang saham Oneject yang juga menjadi pembeli saham treasury Perseroan.

Direktur Keuangan Itama Ranoraya Pratoto Setno Raharjo menjelaskan dampak dari penjualan saham treasury ini akan terlihat dalam laporan neraca Perseroan.

Perubahan yang terjadi pada neraca, berupa kenaikan ekuitas akibat bertambahnya nilai Agio saham dan hilangnya pos saham treasuri yang sebelumnya sebagai pengurang ekuitas.

”Dari sisi pasiva, nilai Ekuitas IRRA akan bertambah sebesar nilai penjualan saham treasury, setelah dikurangi biaya penjualan. Dari sisi aktiva, karena hasil penjualan digunakan untuk uang muka pembelian akuisisi Oneject, maka penambahan di asetnya berupa pos uang muka pembelian," jelasnya Jumat (1/10/2021).

Jika menggunakan nilai total aset dan total ekuitas buku semester I/2021, maka total aset kami naik 20 persen dan ekuitas naik 72 persen dengan transaksi pelepasan saham treasury.

Kenaikan ekuitas yang signifikan, secara langsung akan memperkuat struktur permodalan Perseroan.

Tambahan ekuitas dari pelepasan saham treasury akan membuat rasio hutang terhadap ekuitas (DER) perseroan berada di bawah 1x turun signifikan dibandingkan posisi akhir tahun 2020 sebesar 1,2x dan posisi 1H2021 sebesar 2,5x.

Selain kondisi leverage yang semakin baik, kondisi likuiditas perseroan juga akan semakin likuid.

“Dalam laporan keuangan perseroan di 9M2021 sudah akan terlihat dampak positif pelepasan saham treasury," urainya.

Di akhir tahun, Rasio DER kami akan turun signifikan hingga dibawah 1x, faktornya kenaikan ekuitas dari pelepasan saham treasury disertai dengan turunnya hutang, terutama utang kepada prinsipal.

Penurunan DER tersebut akan meningkatkan kemampuan leverage kami ke depan terkhusus untuk pendanaan ekspansi kami baik organik maupun anorganik.

IRRA adalah emiten yang bergerak dibidang peralatan dan perlengkapan medis berteknologi tinggi (HiTech Healthcare Solutions) sejak awal tahun 2000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper