Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Emiten LTLS Bikin Kampung Lautan Luas, Apa Isinya?

Lutan Luas mengembangkan kampung di Desa Margamulya, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.
Annisa Saumi
Annisa Saumi - Bisnis.com 22 September 2021  |  12:28 WIB
Lautan Luas saat ini mengoperasikan 13 fasilitas manufaktur di Indonesia, dua unit di China, dan satu fasilitas manufaktur bahan kimia untuk pengolahan air di Vietnam.  - Lautan Luas
Lautan Luas saat ini mengoperasikan 13 fasilitas manufaktur di Indonesia, dua unit di China, dan satu fasilitas manufaktur bahan kimia untuk pengolahan air di Vietnam. - Lautan Luas

Bisnis.com, JAKARTA - PT Lautan Luas Tbk. (LTLS) menggandeng Yayasan Habitat for Humanity Indonesia dan Yayasan Happy Hearts Indonesia, bekerja sama dalam pembangunan 70 rumah, 7 pengelolaan air dan 7 sekolah yang nantinya akan menjadi Kampung Lautan Luas.

Wakil Direktur Utama Lautan Luas Jimmy Masrin, menyampaikan usia 70 tahun merupakan permulaan baru dalam perjalanan Lautan Luas.

"Berawal dari tanah air Indonesia, perusahaan turut mengambil peran #LautanLuasBuildIndonesia dengan mengadopsi sebuah desa di Mauk, Tangerang dengan membangun 70 rumah, 7 pengelolaan air dan 7 sekolah,” kata Jimmy, Rabu (22/9/2021).

Menurut Jimmy, Lautan Luas ingin memberikan manfaat bagi masyarakat yang tidak memiliki akses terhadap rumah dan pendidikan yang layak.

Proyek ini akan dilakukan di Desa Margamulya, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang. Wilayah Mauk menjadi target lokasi pembangunan dalam program ini, karena merupakan salah satu area yang letaknya tidak jauh dari ibu kota Jakarta, tetapi, kebutuhan rumah layak huni dan akses terhadap sanitasi dan air bersih sangat tinggi.

Setidaknya, masih ada kebutuhan 3.550 rumah layak huni serta 2.320 toilet individual di masing-masing rumah. Kondisi keluarga di Mauk yang merupakan masyarakat berpenghasilan rendah dengan pendapatan Rp300.000-Rp500.000 per bulan per keluarga, tidak memungkinkan mereka untuk dapat membangun rumah yang layak.

Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia Susanto menuturkan, akan terbangun 70 rumah layak di kampung ini dan hal ini akan dilakukan dalam waktu tiga tahun.

"Kenapa? Karena kami ingin memberdayakan masyarakat. Kami ingin membangun 70 toilet, 7 water point untuk akses 700 keluarga, dan tersedianya 7 warung unit yang akan kita berikan ke 7 keluarga," ucap dia.

Selain itu, emiten berkode saham LTLS ini juga bekerjasama dengan Yayasan Happy Hearts Indonesia untuk membangun kembali tujuh sekolah di daerah Mauk, agar anak-anak sekolah yang kurang beruntung memiliki akses ke fasilitas pendidikan yang lebih layak dan aman.

Sylvia Beiwinkler, Chief Executive Officer Happy Hearts Indonesia menuturkan pihaknya sangat mengapresiasi komitmen dan kepedulian Lautan Luas dari tahun 2013.

"Kami harapkan bantuan donasi yang berkelanjutan di bidang pendidikan seperti ini dapat menjadi investasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan membangun masa depan yang lebih baik untuk anak-anak Indonesia,” kata dia.

Sebagai informasi, sejak 2010, LTLS sudah memperbaiki, membangun, dan memberikan rumah layak huni kepada masyarakat di Sentul, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Medan, Gresik dan Karawang sebanyak 218 rumah.

Di sektor pendidikan, LTLS juga telah membangun kembali lebih dari 11 sekolah di penjuru Indonesia di wilayah Karawang, Jakarta, Tangerang, Cilegon, Gresik, Medan, Palembang dan juga Indonesia Timur di Lombok, Sumba, dan Malaka.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

csr lautan luas habitat for humanity
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top