Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemfood (FOOD) Peninggalan Bob Sadino Pangkas 33,5 Persen Karyawan

Sejak Agustus 2021, KFI telah mengurangi 117 orang pekerja termasuk merumahkan 16,9 persen pekerja dan mengurangi 16,6 persen pekerja kontrak.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 14 September 2021  |  08:33 WIB
Strategi perseroan dalam menjaga kapasitas produksi adalah melakukan penetrasi pasar untuk menambah konsumen baru, di samping terus berinovasi produk dan memperkenalkannya ke pasar.  - Sentra Food
Strategi perseroan dalam menjaga kapasitas produksi adalah melakukan penetrasi pasar untuk menambah konsumen baru, di samping terus berinovasi produk dan memperkenalkannya ke pasar. - Sentra Food

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten produsen daging olahan, PT Sentra Food Indonesia Tbk. (FOOD) melakukan efisiensi karyawan pada entitas anak usahanya PT Kemang Food Industries (KFI) atau Kemfood hingga 33,5 persen.

Sekretaris Perusahaan Sentra Food Indonesia Karina Larasati Putri menjelaskan sejak pandemi Covid-19, anak usahanya telah melakukan efisiensi di semua lini pengeluaran biaya. Namun, karena kondisi pasar turun sangat drastis akibat pandemi, efisiensi karyawan tidak terelakan.

"Penjualan dan produksi yang turun secara signifikan hampir 50 persen dan kondisi KFI yang telah mencoba bertahan lebih dari 1,5 tahun, tetapi kondisi tak kunjung membaik, pada Semester II/2021 KFI dengan berat hati terpaksa melakukan pengurangan biaya dan efisiensi aspek ketenagakerjaan secara signifikan," urainya dalam keterbukaan, Selasa (14/9/2021).

Sejak Agustus 2021, KFI telah mengurangi 117 orang pekerja termasuk merumahkan 16,9 persen pekerja dan mengurangi 16,6 persen pekerja kontrak dengan total 33,5 persen pekerja guna menghindari pemutusan hubungan kerja massal dan menyelamatkan 292 orang karyawan lainnya yang menjadi mayoritas pekerja KFI.

Pemilihan karyawan yang dirumahkan berdasarkan pada evaluasi kinerja serta kebutuhan sistem dan fungsi kerja di KFI, sehingga KFI tetap beroperasi dengan baik dan mendukung kebutuhan para konsumen walaupun terjadi pengurangan tenaga kerja.

Efisiensi ini tetap dilakukan walaupun Serikat Pekerja KFI tidak setuju. Hal ini karena KFI sudah berusaha lebih dari 1,5 tahun bertahan dan kebijakan ini telah disetujui mayoritas karyawan KFI.

"Dampak hukum kebijakan efisiensi tenaga kerja di KFI dapat menimbulkan potensi sengketa hubungan industrial dengan Serikat Pekerja yang mewakili minoritas pekerja KFI jika memang Serikat Pekerja berpandangan lain," urainya.

Di sisi lain, efisiensi tenaga kerja di KFI diperkirakan dapat memberikan penghematan signifikan lebih dari Rp500 juta per bulan sehingga dapat membantu memperbaiki kondisi keuangan perseroan dan KFI.

Walaupun, efisiensi karyawan ini tetap tidak memberikan dampak secara langsung pada posisi rugi bersih hingga akhir tahun 2021.

Sebagai informasi, KFI atau dikenal dengan Kemfood merupakan salah satu perusahaan peninggalan almarhum pengusaha Bob Sadino. Semula Bob Sadino menjalankan perusahaan ini pada tahun 1975 dengan mengambil tempat di Kawasan Industri Pulo Gadung.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

phk bob sadino PT Sentra Food Indonesia Tbk.
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top