Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bentuk JV Baru, AKR Corporindo (AKRA) Bangun Jaringan Distribusi Gas Alam

AKRA bekerja sama dengan PT Bayu Buana Gemilang (BBG) mendirikan PT Berkah Buana Energi (BBE). Kepemilikan saham masing-masing 65 persen dan 35 persen.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 04 Agustus 2021  |  17:03 WIB
Bentuk JV Baru, AKR Corporindo (AKRA) Bangun Jaringan Distribusi Gas Alam
Director Finance PT Berlian Manyar Sejahtera (BMS) Dewi Djunaidi (kiri) berbincang dengan Director finance PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS) Rally Eko Kurniawan (kanan) di pelabuhan yang berada di kawasan industri terpadu Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur, Selasa (8/5/2018). - ANTARA/Umarul Faruq
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA –  PT AKR Corporindo Tbk. (AKRA) mendirikan anak usaha untuk mendistribusikan gas alam ke area KEK Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) Gresik dan sekitarnya.

AKRA bekerja sama dengan PT Bayu Buana Gemilang (BBG) mendirikan PT Berkah Buana Energi (BBE). Emiten energi itu akan mengendalikan kepemilikan 65 persen sedangkan BBG memegang 35 persen.

Rencananya, unit usaha anyar itu akan melakukan pembangunan, pengelolaan dan pengembangan jaringan distribusi gas melalui pipa dari lokasi sumber gas ke pelanggan. BBE akan fokusk mengembangkan bisnis di KEK JIIPE, Gresik, Jawa Timur untuk melayani permintaan tenant industri JIIPE.

Direktur Utama AKR Corporindo Haryanto Adikoesoemo menjelaskan kedua perseroan akan bersinergi untuk mendistribusikan energi yang dapat dijangkau oleh para pelaku industri.

“Gas alam adalah salah satu sumber energi yang paling bersih, dengan intensitas karbon yang rendah, teraman dan paling berguna dari semua sumber energi,” katanya dalam siaran resmi, Rabu (4/8/2021).

Haryanto menambahkan BBE bagian dari strategi pertumbuhan untuk menambahkan bahan bakar yang lebih bersih dan energi terbarukan ke dalam portofolio AKRA.  

Sebagai informasi, AKRA mendirikan Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) seluas 3000 hektar (ha) dengan PELINDO III. Haryanto mengatakan JIIPE menyediakan utilitas yang efisien di salah satu kawasan industri dan pelabuhan terintegrasi.

Sementara itu, BBG adalah perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan dan distribusi gas bumi. Perusahaan telah membangun jaringan pipa gas di Jawa Timur, Jawa Barat dan Kalimantan Timur dan mendistribusikan gas alam melalui pipa, truk dan fasilitas berbasis darat lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Aksi Korporasi java integrated industrial and port estate atau jiipe akr corporindo
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top