Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Konsolidasi Bisnis, SAME Tuntaskan Akuisisi RS EMC Milik Emtek

Emtek merupakan pemegang saham pengendali dari kedua entitas pengelola jasa kesehatan tersebut baik EMC maupun SAME. Aksi penjualan ini bagian dari konsolidasi perseroan untuk membentuk usaha sektor kesehatan yang lebih terfokus.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 04 Agustus 2021  |  13:02 WIB
Konsolidasi Bisnis, SAME Tuntaskan Akuisisi RS EMC Milik Emtek
Direktur Utama PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) Alvin W. Sariaatmadja - Emtek
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) menyelesaikan penjualan seluruh saham PT Elang Medika Corpora ke anak usahanya PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk. (SAME) dengan nilai transaksi Rp1,35 triliun.

Corporate Secretary Elang Mahkota Teknologi Titi Maria Rusli mengungkapkan perseroan telah menyelesaikan transaksi tersebut dan menghasilkan seluruh kendali EMC menjadi milik SAME.

"Setelah transaksi ini diselesaikan, SAME saat ini memiliki persentase kepemilikan sebesar 99.99 persen dari seluruh modal ditempatkan dan disetor dalam EMC," jelasnya dalam keterbukaan informasi, Rabu (4/8/2021).

Emtek melakukan penjualan seluruh saham yang dimilikinya pada EMC kepada SAME sebanyak 1.254.899 lembar saham dengan total nilai nominal Rp1,25 triliun. Adapun, nilai transaksi penjualan tersebut sebesar Rp1,35 triliun.

Titi melanjutkan, penyelesaian transaksi telah terlaksana pada 2 Agustus 2021.

Emtek merupakan pemegang saham pengendali dari kedua entitas pengelola jasa kesehatan tersebut baik EMC maupun SAME. Aksi penjualan ini bagian dari konsolidasi perseroan untuk membentuk usaha sektor kesehatan yang lebih terfokus.

Emtek sempat menambah kepemilikan sahamnya di emiten Rumah Sakit PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk. (SAME) senilai Rp78,66 miliar.

Corporate Secretary Sarana Meditama Metropolitan Rahmiyati Yahya mengungkapkan penambahan kepemilikan saham tersebut melalui keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI).

"Dengan ini kami Sarana Meditama Metropolitan menyampaikan bahwa kami sebagai penerima kuasa dari PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. melaporkan bahwa pemberi kuasa telah membeli saham perseroan," ungkapnya dalam keterbukaan informasi, Senin (5/7/2021).

Emtek membeli 124.859.623 saham emiten berkode SAME tersebut yang mewakili 1,05 persen dari total saham yang dikeluarkan dan disetor perseroan. Emtek membeli saham SAME dengan harga pembelian Rp630 per sahamnya.

Dengan begitu, Emtek mengeluarkan dana senilai Rp78,66 miliar untuk menambah kepemilikan di emiten Rumah Sakit tersebut.

Jumlah saham dan persentase kepemilikan pun meningkat menjadi 8.918.120.433 (8,91 miliar) saham atau setara 74,94 persen. Adapun, sebelum transaksi kepemilikannya sebanyak 8.793.260.810 (8,79 miliar) saham atau setara 73,89 persen.

Transaksi dilakukan pada 30 Juni 2021 dengan tujuan untuk investasi dan status kepemilikan langsung oleh Emtek. Pembelian ini mengukuhkan Emtek sebagai pemegang saham pengendali dari SAME.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sarana meditama metropolitan Aksi Korporasi emtek
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top