Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Adhi Karya (ADHI) Incar Kontrak Proyek Kereta Api di Filipina

ADHI akan mengikuti tender enam paket pekerjaan railway commuter line di Filipina, yaitu Calamba Extension.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 27 Mei 2021  |  10:37 WIB
Pekerja beraktivitas di proyek yang dikerjakan PT Adhi Karya. - JIBI/Nurul Hidayat
Pekerja beraktivitas di proyek yang dikerjakan PT Adhi Karya. - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten kontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk. membidik enam paket proyek kereta api di Filipina untuk dibukukan pada tahun ini.

Direktur Operasi 2 Adhi Karya Pundjung Setya Brata mengatakan perseroan menyesuaikan jenis proyek dari pasar luar negeri yang diincar dengan keunggulan Adhi Karya di bidang kereta api dan konstruksi sipil.

"Pasar luar negeri ini kita sesuaikan dengan strategi jangka panjang di mana Adhi Karya saat ini sudah dinobatkan sebagai champion di railway dan engineering construction sehingga dari sisi produknya yang akan kita kejar juga dari sisi itu,” kata Pundjung dalam konferensi pers, Selasa (25/5/2021).

Dalam waktu dekat ini, emiten dengan kode saham ADHI sedang fokus menyasar pasar Asia Tenggara salah satunya Filipina. Pundjung menyebut Filipina sedang banyak menawarkan tender proyek kereta api.

“Saat ini kami akan mengikuti enam paket pekerjaan railway commuter line di Filipina, yaitu Calamba Extension di situ ada 6 paket, dan tendernya di tahun ini,” ujar Pundjung.

Harapannya, ADHI sudah mendapatkan kontrak di bidang perkeretaapian di Filipina pada 2022.

Sebelumnya, Direktur Utama Adhi Karya Entus Asnawi Mukhson mengatakan perseroan sudah mendapat mandat dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mendalami bidang jasa konstruksi maupun konstruksi terintegrasi perkeretaapian di luar negeri.

Agar tidak saling menimpa satu sama lain antar-BUMN Karya, ADHI pun diamanatkan untuk fokus pada bidang perkeretaapian. Sembari mengincar proyek-proyek yang potensial, Entus mengatakan saat ini pihaknya terus mendalami kompetensi di bidang perkeretaapian.

Di dalam negeri, Adhi Karya tengah menggarap proyek LRT Jabodebek yang terdiri dari Line 1 Cawang-Cibubur, Line 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, Line 3 Cawang-Bekasi Timur, dan Depo Bekasi Timur. Total kontrak pengerjaan LRT Jabodebek itu tercatat senilai Rp23,3 triliun.

Selain itu, Adhi Karya juga sedang mengikuti tender konstruksi MRT Fase 2A CP 202 setelah memeroleh kontrak MRT CP 201 Bundaran HI - Djuanda.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

adhi karya bumn karya
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top