Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IHSG Dibuka Menguat, Saham Perbankan Diburu Asing

PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) menjadi pemuncak daftar saham yang dibeli oleh investor asing pada sesi perdagangan hari ini dengan nilai beli bersih sebesar Rp49,3 miliar hingga pukul 09.02 WIB.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 17 Mei 2021  |  09:12 WIB
Karyawan melintas di depan papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (3/5/2021). Bisnis - Fanny Kusumawardhani
Karyawan melintas di depan papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (3/5/2021). Bisnis - Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Indeks harga saham gabungan (IHSG) terpantau dibuka menguat perdagangan hari ini, Senin (17/5/2021).

Pada awal perdagangan pukul 09.00 WIB, IHSG menguat 0,26 persen menjadi 5.953,86. IHSG sempat menyentuh level tertinggi pada 5.958,79 pada beberapa menit setelah pembukaan. Tercatat, sebanyak 174 saham menguat, 215 stagnan, serta 120 diantaranya mengalami pelemahan.

PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) menjadi pemuncak daftar saham yang dibeli oleh investor asing pada sesi perdagangan hari ini dengan nilai beli bersih sebesar Rp49,3 miliar hingga pukul 09.02. Menyusul dibelakangnya adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) dengan net foreign buy Rp15,6 miliar. Saham PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) juga diborong oleh para investor dengan nilai net foreign buy Rp6,5 miliar. Menyusul dibelakang BBNI adalah PT Astra International Tbk (ASII) sebesar Rp6,1 miliar

 Sebelumnnya, Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama menjelaskan berdasarkan rasio fibonacci, adapun support maupun resistance maksimum berada pada 5.883,52 hingga 5.972,18. Berdasarkan indikator, MACD telah membentuk pola golden cross di area negatif. Sementara itu, Stochastic dan RSI masih berada di area netral.

“Di sisi lain, terlihat pola hammer candle yang mengindikasikan adanya potensi penguatan pada pergerakan IHSG sehingga kedepannya berpeluang menuju ke resistance terdekat,” tulis Nafan dalam riset harian, dikutip Senin (17/5/2021).

Nafan merekomendasikan sejumlah saham yang dapat dicermati oleh investor, yaitu ADHI, AKRA, BRPT, ELSA, MYOR, PGAS, PSAB, dan UNTR.

Sementara itu, Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan mengatakan saat ini pergerakan IHSG masih minim sentimen dari dalam negeri. Kendati demikian, sentimen eksternal berupa optimisme di bursa saham AS dan Jepang dinilai dapat mendorong penguatan IHSG. “Investor akan mencermati beberapa emiten yang akan rilis laporan keuangan kuartal I/2021 dan yang akan membagikan dividen untuk tahun buku 2020,” tulis Dennies dalam riset harian, dikutip Senin (17/5/2021).

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG rekomendasi saham
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top