Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Philip Morris Tunjuk CEO Baru

CEO Philip Morris International Jacek Olczak menegaskan  komitmennya  untuk  mempercepat  transformasi menuju bebas‐asap, yang telah dijalankan PMI sejak pertama kali diumumkan pada 2016
Finna U. Ulfah
Finna U. Ulfah - Bisnis.com 06 Mei 2021  |  20:32 WIB
CEO Philip Morris International Jacek Olczak. - Bisnis / Finna Ulia Ulfah
CEO Philip Morris International Jacek Olczak. - Bisnis / Finna Ulia Ulfah

Bisnis.com, JAKARTA - Philip Morris International, pemegang saham pengendali PT HM Sampoerna Tbk., menunjuk Jacek Olczak sebagai CEO baru.

Hal tersebut disepakati dalam rapat umum pemegang saham tahunan Philip Morris International (PMI) pada 5 Mei 2021.

Jacek Olczak juga ditunjuk sebagai anggota Dewan Direksi Perusahaan dan diangkat sebagai CEO menggantikan André Calantzopoulos.

Adapun, sebelumnya Olczak menjabat sebagai Chief  Operating Officer PMI. Sementara itu, André  ditunjuk sebagai Executive Chairman dari Dewan Direksi.

Olczak memulai kariernya di PMI pada  tahun 1993. Dia memulai dengan berbagai posisi di  bidang keuangan dan manajemen umum di berbagai negara Eropa, termasuk sebagai Direktur  Pelaksana untuk pasar PMI di Polandia dan Jerman, serta Presiden Direktur untuk Wilayah Uni  Eropa, sebelum diangkat sebagai Chief Financial Officer PMI di tahun 2012.

Olczak menduduki  jabatan  tersebut hingga 2018. Selanjutnya, ia ditunjuk sebagai Chief Operating Officer. Olczak  memiliki gelar magister ekonomi dari University of Lodz di Polandia. 

Olczak telah menjadi penggerak penting dalam transformasi PMI menuju perusahaan bebas asap,  khususnya dalam memasuki fase komersialisasi yang ditandai dengan peluncuran IQOS di Nagoya,  Jepang, pada 2014.

Oleh karena itu, CEO Philip Morris International Jacek Olczak menegaskan  komitmennya  untuk  mempercepat  transformasi menuju bebas-asap yang telah dijalankan PMI sejak pertama kali diumumkan pada 2016. 

“Saya merasa terhormat dan bersemangat untuk memimpin PMI di tengah  kian kencangnya laju transformasi kami menuju sebuah perusahaan bebas asap. PMI merupakan  pemimpin industri di bidang inovasi ilmiah, dan ambisi kami adalah bahwa pada  tahun 2025,  lebih  dari  separuh  dari pendapatan  bersih kami  akan  berasal  dari  produk-produk  bebas  asap,” papar Jacek saat konferensi pers secara virtual, Kamis (6/5/2021).

Di bawah kepemimpinannya sebagai COO, PMI meningkatkan porsi  pendapatan  bersih  yang  dihasilkan  dari  produk-produk  bebas  asap  menjadi  28  persen  dalam  kuartal I/2021. 

Lebih  lanjut,  sebagai  COO,  Olczak  memimpin  PMI  dalam  memperluas jangkauan produk-produk bebas asap dari 0 menjadi 66 pasar di kota-kota besar  atau  di  tingkat  nasional  per  tanggal  31  Maret  2021. 

Executive Chairman Philip Morris International André Calantzopoulos mengatakan bahwa Jacek Olczak kini berada di posisi yang ideal untuk mewujudkan visi bebas asap PMI. 

“Semangatnya  untuk  perusahaan  dan  karyawan  kami  menjadi  pendorong  untuk  mencapai hasil yang diinginkan, didukung dengan pengetahuannya yang mendalam mengenai  produk,  sistem,  nilai-nilai  serta  investor  kami,” ujar Calantzopoulos.

Sementara itu, Presiden Direktur HM Sampoerna, Mindaugas Trumpaitis, mengatakan, “Jacek telah  menentukan  arah  transformasi  PMI  menuju  bebas  asap  secara  global.  Keterampilan  dan  keahliannya menandakan dimulainya sebuah babak baru yang menarik bagi PMI,” papar dia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

philip morris produsen rokok
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top