Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Multi Bintang (MLBI) Yakin Kinerja 2021 Meningkat

Presiden Direktur Multi Bintang Indonesia René Sánchez Valle menjelaskan konsekuensi ekonomi yang timbul akibat pandemi memiliki dampak besar terhadap kinerja perusahaan.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 20 April 2021  |  18:12 WIB
Multi Bintang Indonesia, bagian dari Heineken Company, tumbuh kuat menjadi perusahaan minuman yang terkemuka di Indonesia selama lebih dari 88 tahun.  - Multi Bintang Indonesia
Multi Bintang Indonesia, bagian dari Heineken Company, tumbuh kuat menjadi perusahaan minuman yang terkemuka di Indonesia selama lebih dari 88 tahun. - Multi Bintang Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten produsen minuman beralkohol PT Multi Bintang Indonesia Tbk. menjelaskan penurunan kinerja pada 2020 disebabkan oleh dampak pembatasan sosial akibat pandemi.

Presiden Direktur Multi Bintang Indonesia René Sánchez Valle menjelaskan konsekuensi ekonomi yang timbul akibat pandemi memiliki dampak besar terhadap kinerja perusahaan.

“Sektor hospitality adalah salah satu yang merasakan dampak paling berat akibat pembatasan sosial dan hingga saat ini pun Indonesia masih menutup pintu bagi para wisatawan asing. Ini juga telah menyebabkan penurunan pendapatan yang signifikan di Bali, yang merupakan salah satu area utama kami,” kata René dalam keterangan resmi, Selasa (20/4/2021).

Berdasarkan laporan keuangan per Desember 2020, emiten dengan kode saham MLBI itu membukukan pendapatan senilai Rp1,98 triliun atau anjlok 46,51 persen dari tahun sebelumnya Rp3,71 triliun.

Penurunan pendapatan pun berimbas pada laba bersih perseroan. Laba MLBI tergerus 76,30 persen menjadi Rp285,66 miliar pada 2020 dari posisi tahun sebelumnya Rp1,20 triliun.

Namun, René menambahkan bahwa perseroan sudah beradaptasi dan melakukan evaluasi berbagai prioritas dalam menghadapi kondisi pandemi.

Strategi baru yang sudah mulai diterapkan perusahan sejak awal pandemi disebut telah dapat mendorong perbaikan kinerja yang signifikan pada kuartal terakhir 2020, jika dibandingkan dengan kuartal-kuartal sebelumnya.

“Kami optimis pergerakan ini akan terus berlanjut pada tahun berikutnya. Kami yakin berbagai inisiatif yang telah kami lakukan pada 2020 akan terus mendorong pemulihan pada 2021,” imbuh René.

Adapun, MLBI juga menyambut dua orang baru yang menjabat sebagai komisaris perseroan.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar hari ini, Selasa (20/4/2021), Jan Paul Boon dan Celso Marciniuk diangkat sebagai komisaris perseroan menggantikan Nicolaas Adrianus Vervelde yang akan pensiun dan Bartholomeus A.C. van den Huijsen yang telah ditugaskan untuk menempati posisi baru di kantor pusat HEINEKEN Company di Belanda.

Saat ini, Celso Marciniuk menjabat sebagai Senior Director of Finance untuk HEINEKEN Asia Pacific Pte. Ltd. di Singapura. Boon menempati posisi Senior Director of Supply Chain untuk HEINEKEN Asia Pacific Pte. Ltd. di Singapura.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kinerja Emiten multi bintang bir bintang
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top