Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bursa (BEI) Awasi Saham Media Erick Thohir ABBA

Berdasarkan pengumuman di laman resmi BEI, otoritas bursa menyebut bahwa telah terjadi peningkatan harga saham ABBA yang di luar kebiasaan (unusual market activity/UMA).
Pengunjung melintas di dekat Logo Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Senin (22/6/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Pengunjung melintas di dekat Logo Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Senin (22/6/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bursa Efek Indonesia (BEI) tengah mengawasi saham PT Mahaka Media Tbk. (ABBA) terkait peningkatan harga yang tidak wajar.

Berdasarkan pengumuman di laman resmi BEI, otoritas bursa menyebut bahwa telah terjadi peningkatan harga saham ABBA yang di luar kebiasaan (unusual market activity/UMA). Namun, pengumuman UMA tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang- undangan di bidang Pasar Modal.

Adapun bursa mencatat informasi terakhir mengenai perseroan adalah informasi tertanggal 1 Maret 2021 yang dipublikasikan melalui Keterbukaan Informasi BEI, yakni terkait laporan informasi atau fakta material penggabungan usaha, pemisahan usaha, peleburan usaha, atau pembentukan usaha patungan.

“Sehubungan dengan terjadinya Unusual Market Activity atas saham ABBA tersebut, perlu kami sampaikan bahwa Bursa saat ini sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham ini,” demikian kutipan pengumuman Bursa, Jumat (12/3/2021)

Otoritas bursa juga mengimbau pada para investor untuk memperhatikan jawaban ABBA atas permintaan konfirmasi bursa dan mencermati kinerja perseroan dan keterbukaan informasinya.

Selain itu, diharapkan investor mengkaji kembali rencana corporate action ABBA apabila rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan RUPS dan mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi.

Pada perdagangan Jumat (12/3/2021) saham emiten media tersebut ditutup di level 159 setelah naik 2,58 persen. Namun sepanjang pekan ini saham ABBA telah beberapa kali menguat dobel digit bahkan sempat menyentuh auto reject atas.

PT Mahaka Media Tbk. merupakan perusahaan induk multimedia yang berada di Indonesia. Perusahaan ini memiliki empat lini usaha, yaitu pengembangan usaha dan media baru, penerbitan, penyiaran, dan media luar ruangan.

Unit penerbitannya menerbitkan majalah, seperti Parents Indonesia dan Golf Digest Indonesia, dan surat kabar harian, seperti Harian Indonesia dan Harian Republika. Unit penerbitannya juga memiliki rumah penerbitan buku, yang dinamai Republika Penerbit.

Bagian penyiarannya mengoperasikan beberapa stasiun televisi, seperti Jak TV dan Alif TV, dan stasiun radio, seperti Jak FM, Gen FM, Masima RadioNet, Prambors, Delta FM, dan Female Radio.

Unit media luar ruangannya, yang beroperasi di bawah nama Mahaka Advertising, bergerak dalam usaha periklanan. Bagian pengembangan usaha dan media baru berfokus pada media gelombang baru dengan spesialisasi di bidang pemasaran digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper