Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kabar Pasar: Ancang-Ancang Dividen, Menilik Sektor Saham saat PPKM

Memasuki musim penyampaian laporan keuangan dan menjelang pelaksanaan rapat umum pemegang saham (RUPS) tahunan, sejumlah emiten tetap berkomitmen menebar dividen kepada para pemegang saham.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 22 Februari 2021  |  08:25 WIB
Aktivitas di pelabuhan PT Bayan Resources Tbk. Istimewa
Aktivitas di pelabuhan PT Bayan Resources Tbk. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Kabar dari sejumlah sektor ekonomi menjadi sorotan harian Bisnis Indonesia edisi hari ini, Senin (23/2/2021), mulai dari ancang-ancang dulan dividen hingga pasokan komoditas batu bara dari Kaltim aman.

Lalu kabar tangkap peluang cloud gaming dan ekspor diproyeksi stagnan. Tak ketinggalan ada juga berita menilik sektor peritel saat PPKM.

Berikut beberapa rincian isu-isu terkini seputar perekonomian di Indonesia:

1. Ancang-Ancang Dulang Dividen
Memasuki musim penyampaian laporan keuangan dan menjelang pelaksanaan rapat umum pemegang saham (RUPS) tahunan, sejumlah emiten tetap berkomitmen menebar dividen kepada para pemegang saham, kendati kinerja laba pada tahun buku 2020 terdampak pandemi Covid-19.

2. Pasokan Komoditas Batu Bara Dari Kaltim Aman
Kegiatan penambangan batu bara di Kalimantan Timur lolos dari kebijakan pembatasan operasional angkutan pada akhir pekan sehingga diharapkan pasokan komoditas itu untuk pembangkit listrik aman.

3. Tangkap Peluang Cloud Gaming
Gim berbasis komputasi awan diproyeksi kian tumbuh secara pesat di tingkat global. Indonesia perlu membenahi kesiapan infrastruktur yang diperlukan agar mampu menangkap peluang ekonomi di tengah tren tersebut. Berdasarkan penelitian Safe Betting Sites, pendapatan global dari cloud gaming berpeluang mencapai lebih dari US$1 miliar pada tahun ini.

4. Ekspor Diproyeksi Stagnan
Sepanjang 2020 lalu, komoditas perkebunan Indonesia mampu mencetak pertumbuhan ekspor positif di tengah pandemi Covid-19. Meski demikian, kinerjanya tahun ini diperkirakan stagnan karena pasokan bahan baku yang tak tumbuh signifikan. Nilai ekspor kelompok kopi, kakao, teh, dan rempah bukanlah angka yang fantastis di tahun ini.

5. Menilik Sektor Peritel Saat PPKM
Kinerja emiten sektor peritel diproyeksi paling terdampak oleh pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro yang diperpanjang. Di sisi lain, kinerja indeks saham perdagangan, jasa, dan investasi justru naik paling tinggi secara year to date.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batu bara dividen kabar pasar PPKM
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top