Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Karyawan berada di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (14/4/2020). (Bisnis -  Himawan L Nugraha)
Premium

Pilah-pilih Sektor Saham Menarik saat Perpanjangan PPKM Mikro

22 Februari 2021 | 07:27 WIB
Pemberlakuan PPKM mikro oleh pemerintah masih akan merugikan sektor peritel. Meskipun demikian, masih ada sejumlah saham yang dinilai potensial.

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro untuk periode dua pekan ke depan. Di satu sisi, kebijakan itu bakal menekan kinerja peritel, tetapi di sisi lain bisa mempercepat penanganan pandemi untuk mengerek pertumbuhan ekonomi.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia per 19 Februari 2021, kinerja saham secara sektoral terpantau variatif sejak awal tahun. Penguatan tertinggi dicatatkan oleh saham sektor perdagangan, jasa dan investasi yang naik 12,76 persen. Selanjutnya saham keuangan mengikuti dengan kinerja positif 8,35 persen.

Di sisi lain, saham sektor industri barang konsumer terdepresiasi paling dalam sebesar 5,80 persen bersama saham sektor pertanian yang koreksi 5,61 persen.

Pada saat yang sama, indeks harga saham gabungan (IHSG) tercatat menguat 4,23 persen menjadi 6.231,93 sepanjang 2021.

Direktur PT Anugerah Mega Investama Hans Kwee menjelaskan pemberlakuan PPKM mikro oleh pemerintah masih akan merugikan sektor peritel. Pasalnya, pembatasan sosial mengurangi waktu operasional toko dan jumlah pengunjung.

“Waktu yang menjadi masalah utama. Walaupun sekarang sudah hampir kembali normal, tapi masih ada pengaruh di pengunjung karena daya beli masyarakat belum kembali,” kata Hans kepada Bisnis, Minggu (21/2/2021).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top