Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Nanjak Terus! Saham Perusahaan Game Ini Meroket 135 Persen Sehari

Kapitalisasi GameStop juga melonjak lebih dari 18 kali tahun ini menjadi sekitar US$24 miliar.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 28 Januari 2021  |  11:06 WIB
Peritel video game, GameStop - Bloomberg
Peritel video game, GameStop - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Saham GameStop Corp. masih melanjutkan reli penguatannya yang fantastis hingga akhir perdagangan Rabu (27/1/2021), yang membuat kapitalisasi saham melonjak lebih dari US$10 miliar.

Berdasarkan data Bloomberg, saham peritel video games ini melonjak 135 persen ke level US$347,51 pada penutupan Rabu setelah memicu penghentian perdagangan sementara untuk meredam volatilitas. Kapitalisasi GameStop juga melonjak lebih dari 18 kali tahun ini menjadi sekitar US$24 miliar.

Lonjakan ini sekaligus menjadikan GameStop lebih besar dari hampir setengah perusahaan di Indeks S&P 500.

Euforia yang lahir dari pedagang pemula di grup diskusi saham WallStreetBets Reddit ini telah mengubah GameStop menjadi kisah terbesar era ritel. Lonjakan yang mustahil ini merupakan lambang kekuatan baru investor individu.

Pada saat yang sama, ini menjadi masalah besar bagi investor institusi yang bertaruh saham akan jatuh.

Reli saham yang fantastis telah membuat investor yang melakukan short selling merugi dalam persaingan dengan trader harian yang telah menggunakan platform media sosial Reddit untuk mendorong orang lain untuk mengikuti jejak mereka.

Melvin Capital menutup posisi short-nya, sementara Andrew Left dari Citron Capital mengatakan perusahaan menutupi sebagian besar kekurangannya di US$90 dengan kerugian 100 persen.

Co-founder J Capital Research Anne Stevenson mengatakan reli saham GameStop seakan mematikan rasionalitas dan fundamental.

"Jika Anda dalam posisi short, Anda berada dalam posisi yang sangat sulit karena Anda harus membeli saham untuk keluar, jadi Anda mengakhirinya dengan saham yang dinilai terlalu tinggi," ungkapnya, seperti dikutip Bloomberg.

Reli saham GameStop telah menarik perhatian Menteri Keuangan Janet Yellen dan yang lainnya di pemerintahan Joe Biden. Senator Elizabeth Warren mengatakan dia bermaksud untuk memastikan regulator bertindak.

Gubernur Federal Reserve Jerome Powell menghindari beberapa pertanyaan tentang implikasi pasar dari reli GameStop dan menolak berkomentar terhadap salah satu saham atau pergerakan satu hari di pasar saham. Sebaliknya, dia mengatakan bahwa kerentanan stabilitas keuangan secara keseluruhan masih dalam kondisi sedang.

Sementara itu, GameStop belum memberikan komentar mengenai pergerakan harga saham ini.

Saham GameStop terus melonjak sejak Selasa malam setelah pendiri Tesla Inc. Elon Musk men-tweet tautan ke utas Reddit tentang perusahaan. Tetapi fund manager terkenal Michael Burry memperingatkan bahwa reli saham telah lepas kendali.

“[Kenaikan saham GameStop] tidak wajar, gila, dan berbahaya," ujarnya.

GameStop merupakan pengecer video game. Bisnis utamanya adalah menjual barang-barang terkait video game seperti konsol game dan barang elektronik terkait. Perusahaan mengoperasikan 5.509 toko ritel di AS, Kanada, Australia, Selandia Baru, dan Eropa.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bursa as wall street pasar saham

Sumber : Bloomberg

Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top