Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kongsi Chairul Tanjung, Sudwikatmono (INDY), BUMN Melaju di Patimban

Konsorsium Patimban menjadi badan usaha pelaksana proyek kerja sama pemerintah dengan badan usaha Pelabuhan Patimban.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 31 Desember 2020  |  06:00 WIB
Suasana di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Kamis (3/12/2020).  -  Bisnis/Rinaldi M. Azka
Suasana di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Kamis (3/12/2020). - Bisnis/Rinaldi M. Azka

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah menunjuk Konsorsium Patimban sebagai operator Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat.

Lewat keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Sekretaris Perusahaan PT Indika Energy Tbk. (INDY) Adi Pramono menyampaikan penunjukkan Konsorsium Patimban dilakukan oleh Kementerian Perhubungan pada Selasa (29/12/2020).

Konsorsium Patimban menjadi badan usaha pelaksana proyek kerja sama pemerintah dengan badan usaha Pelabuhan Patimban. Entitas anak INDY, PT Indika Logistic & Support Services (ILSS) merupakan salah satu anggota kongsi.

Sebagai catatan, INDY didirikan oleh Agus Lasmono Sudwikatmono yang merupakan putra bungsu dari konglomerat Sudwikatmono. Sang ayah merupakan salah satu pendiri Grup Salim.

Adapun, periode konsesi Konsorsium Patimban berdurasi 40 tahun sejak operasi tahap pertama. Kongsi itu beranggotakan PT CT Infrastruktur Indonesia milik konglomerat Chairul Tanjung.

Selanjutnya, ada PT Terminal Petikemas Surabaya yang merupakan salah satu anak usaha PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) (Pelindo). Terakhir, ada PT U Connectivity Services.

“Konsorsium Patimban bertujuan untuk menjadikan Pelabuhan Patimban menjadi pelabuhan yang modern dan efisien dimana teknologi menjadi bagian yang tdak terpisahkan dalam pengelolaan Proyek Patimban,” ujar Adi melalui keterbukaan informasi yang dikutip, Kamis (31/12/2020).

Adi menambahkan keikutsertaan ILSS sebagai anggota Konsorsium Patimban merupakan salah satu strategi diversifikasi yang dilakukan oleh Grup Indika. Secara khusus, langkah itu untuk mengerek kinerja ILSS.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

konglomerat indika energy BUMN chairul tanjung Kinerja Emiten pelabuhan patimban
Editor : M. Nurhadi Pratomo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top