Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Reshuffle Kabinet, Ini Harapan Asosiasi Emiten

Asosiasi Emiten Indonesia berharap beberapa pos dalam jajaran kabinet Presiden Joko Widodo diharapkan dapat memperkuat keyakinan investor dan dunia usaha terhadap prospek indonesia pada masa mendatang.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 22 Desember 2020  |  17:37 WIB
Pengunjung menggunakan ponsel di dekat papan elektronik yang menampilkan perdagangan harga saham di BEI, Jakarta, Selasa (11/6/2019). - Bisnis/Dedi Gunawan
Pengunjung menggunakan ponsel di dekat papan elektronik yang menampilkan perdagangan harga saham di BEI, Jakarta, Selasa (11/6/2019). - Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Asosiasi emiten Indonesia (AEI) berharap menteri-menteri baru hasil reshuffle kabinet yang ditunjuk Presiden Joko Widodo dapat bekerja dengan cepat dalam menentukan langkah-langkah strategis pada bidang terkait.

Direktur Eksekutif Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) Samsul Hidayat mengatakan, perubahan beberapa pos dalam jajaran kabinet Presiden Jokowi diharapkan dapat memperkuat keyakinan investor dan dunia usaha terhadap prospek indonesia pada masa mendatang.

Ia mengatakan, keyakinan investor yang tinggi akan berimbas pada percepatan penyelesaian masalah-masalah yang tengah dihadapi Indonesia. Hal ini juga akan memacu dunia usaha untuk turut terlibat dalam akselerasi kegiatan usahanya.

Ia juga berharap menteri-menteri baru yang ditunjuk oleh presiden dapat beradaptasi dengan cepat. Hal tersebut agar proses transisi dari satu menteri ke menteri baru tidak berjalan terlalu lama dan mempengaruhi kinerja.

“Menteri-menteri yang baru diharapkan dapat memberikan warna sesuai dengan bidangnya. Kami juga berharap mereka dapat cepat memahami persoalan yang dihadapi dan menyusun langkah-langkah sistematis,”  katanya saat dihubungi Bisnis,  Selasa (22/12/2020).

Presiden Jokowi akhirnya mengumumkan perombakan atau reshuffle kabinet Indonesia Maju di Istana Presiden, Jakarta, Selasa (22/12/2020).

Dalam konferensi persnya, Jokowi yang didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan telah menetapkan pergantian menteri di sejumlah posisi. Total ada 6 pos menteri yang dirombak oleh Presiden Jokowi.

"Bersama wapres ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota kabinet Indonesia Maju," jelasnya dalam konferensi pers.

Berikut, daftar nama menteri baru yang masuk jajaran Kabinet Indonesia Maju:

  • Tri Rismaharini, yang sebelumnya menjabat Wali Kota Surabaya, mengisi posisi Menteri Sosial.
  • Sandiaga Salahudin Uno akan mengisi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
  • Budi Gunadi Sadikin yang sebelumnya Wakil Menteri BUMN ditunjuk memimpin Kementerian Kesehatan.
  • Yaqut Cholil Quoumas, yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Umum GP Ansor periode 2015-2020, diangkat sebagai Menteri Agama.
  • Wakil Menteri Pertahanan Wahyu Sakti Trenggono diangkat Jokowi untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan.
  • M. Lutfi, yang saat ini menjabat Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, kembali ditunjuk untuk mengemban tugas sebagai Menteri Perdagangan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Reshuffle Kabinet asosiasi emiten indonesia
Editor : Rivki Maulana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top