Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sering Ngebut, Saham Alfa Energi (FIRE) Disuspensi Bursa

Dalam sebulan, harga saham PT Alfa Energi Investama Tbk. naik 367 persen. Bursa Efek Indonesia menerapkan suspensi atas perdagangan saham FIRE dalam rangka cooling down.
Aktivitas pertambangan PT Alfa Energi Investama Tbk./Alfa Energi
Aktivitas pertambangan PT Alfa Energi Investama Tbk./Alfa Energi

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan suspensi atau penghentian sementara perdagangan saham PT Alfa Energi Investama Tbk. mulai hari ini, Selasa (8/12/2020).

Berdasarkan pengumuman BEI yang dikutip Bisnis, Selasa (8/12/2020), BEI menilai terjadi peningkatan harga saham kumulatif yang signifikan pada saham berkode FIRE. Untuk itu, suspensi diterapkan dalam rangka cooling down.

Penghentian sementara perdagangan Saham FIRE tersebut dilakukan di Pasar Reguler dan Pasar Tunai dengan tujuan untuk memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar untuk mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada dalam setiap pengambilan keputusan investasinya di Saham FIRE.

"Para pihak yang berkepentingan diharapkan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh Perseroan," tulis BEI.

Pada 4 Desember 2020, BEI sudah memberikan peringatan terhadap investor atas pergerakan saham FIRE yang dinilai di luar kebiasaan alias Unusual Market Activity (UMA). Pengumuman UMA ini tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran terhadap regulasi di bidang pasar modal.

Sebelumnya, BEI sudah mengumumkan beberapa hal terkait pergerakan saham FIRE, antara lain penghentian sementara perdagangan pada 2 Oktober 2020 dalam rangka cooling down. Pada 25 September 2020, saham FIRE juga diumumkan UMA.

Saham FIRE sudah sempat mendapat peringatan UMA pada 23 Desember 2019 dan berlanjut suspensi pada 3 Januari 2020. Suspensi dilakukan dalam rangka cooling down

Berdasarkan data Bloomberg, saham FIRE melonjak 24,88 persen ke level 1.280 pada perdagangan kemarin. Saham FIRE diperdagangkan sebanyak 42 juta lembar dengan nilai transaksi Rp51,92 miliar. Dalam sebulan terakhir, saham FIRE melesat 367 persen. Adapun dalam enam bulan terakhir meroket 975,63 persen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rivki Maulana
Editor : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper