Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wah! Wamen Tiko Sebut Tahun Depan ada 3 Aksi Korporasi BUMN Besar

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan aksi korporasi perusahaan pelat merah diharapkan dapat memberi nuansa lebih positif pada pergerakan indeks saham tahun depan.
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo/JIBI-Abdullah Azzam
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo/JIBI-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memastikan akan ada 3 aksi korporasi besar yang dilakukan perusahaan pelat merah pada tahun depan.

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan aksi korporasi perusahaan-perusahaan pelat merah ini diharapkan dapat memberi nuansa lebih positif pada pergerakan indeks saham tahun depan.

"Untuk tahun depan ada 2 sampai 3 aksi korporasi besar," katanya dalam webinar BUMN yang digelar Rabu (2/12/2020).

Tiko, sapaan akrabnya, menyebutkan tiga aksi korporasi besar tersebut yaitu konsolidasi ultra mikro di bawah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., merger bank syariah BUMN, dan aksi korporasi oleh Mitratel.

Dia menyebutkan investor saat ini pun sudah banyak mengapresiasi saham-saham bank pelat merah. Bahkan, beberapa di antaranya mulai menyentuh harga sebelum masa pandemi.

"Jadi, walaupun dalam satu tahun ini kami terus berjibaku dengan tantangan ekonomi. Kami tetap menjalankan konsolidasi antara perusahaan milik pemerintah," katanya.

Berdasarkan catatan Bisnis, BRI akan melakukan aksi korporasi dalam waktu dekat. Aksi korporasi ini dikabarkan akan melibatkan Pegadaian dan PNM untuk bersinergi dengan bank spesialis kredit wong cilik tersebut.

Menteri BUMN Erick Thohir sempat menyinggung bahwa akan ada sinergi perbankan dan perusahaan pembiayaan untuk mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Selain itu, bank-bank syariah milik bank BUMN juga direncanakan akan merampungkan aksi merger pada awal tahun depan, tepatnya ditargetkan selesai pada Februari 2021.

Adapun, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) pun belum lama ini melaporkan penandatanganan perjanjian jual beli bersyarat antara PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) dengan PT Telekomunikasi Selular.

Mitratel dan Telkomsel telah meneken conditional sale and purchase agreement (CSPA) pada 14 Oktober. Dalam perjanjian jual beli bersyarat ini, Mitratel akan membeli 6.050 menara telekomunikasi milik Telkomsel senilai Rp10,3 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Richard
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper