Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

25 Tahun IPO, Kapitalisasi Pasar Telkom (TLKM) Tumbuh 12 Kali Lipat

Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. Ririek Adriansyah mengatakan setelah 25 tahun resmi melantai di Bursa Efek Indonesia dan New York Stock Exchange, kapitalisasi pasar emiten bersandi TLKM tersebut telah berlipat ganda.
Dhiany Nadya Utami
Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com 19 November 2020  |  18:25 WIB
Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. Ririek Adriansyah menyapa wartawan seusai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Jumat (19/6/2020). Bisnis - Abdullah Azzam
Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. Ririek Adriansyah menyapa wartawan seusai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Jumat (19/6/2020). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — Nilai kapitalisasi pasar PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. disebut telah bertumbuh hingga 12 kali sepanjang perseroan melantai di bursa efek.

Direktur Utama Telekomunikasi Indonesia Ririek Adriansyah mengatakan setelah 25 tahun resmi melantai di Bursa Efek Indonesia dan New York Stock Exchange, kapitalisasi pasar emiten bersandi TLKM tersebut telah berlipat ganda.

“Ini membuktikan bahwa Telkom merupakan perusahaan dengan kinerja yang baik dan berkesinambungan, serta mampu memenuhi standar internasional dengan kapitalisasi pasar yang terus tumbuh hingga sekitar 12 kali lipat,” uajr Ririek dalam sambutannya dalam Seremoni 25 Tahun IPO Telkom via daring, Kamis (19/11/2020)

Berdasarkan data BEI, pada penutupan pasar Kamis (19/11/2020) market cap TLKM ada di level Rp314,03 triliun. Adapun, nilai kapitalisasi pasar TLKM saat pertama kali melantai di bursa 25 tahun lalu ada di kisaran Rp19,13 triliun.

Dalam kesempatan yang sama, Komisaris Utama Telkom Rhenald Khasali mengatakan seiring dengan perkembangan perseroan saat ini, Telkom bertekad untuk terus meningkatkan kapitalisasi pasarnya.

“Tadi pagi kami pencet bel di BEI, disebutkan, kapitalisasi pasar dari Telkom itu adalah di atas 4 persen dari total kapitalisasi yang ada di Bursa Sfek Indonesia. Ini adalah suatu kapitalisasi pasar yang berpengaruh cukup besar. Tentu saja mimpi kami lebih dari itu lagi.”

Berdasarkan data yang dikutip Bisnis dari laporan keuangan perseroan, kapitalisasi pasar TLKM dilaporkan menyentuh level di atas Rp450 triliun pada akhir kuartal III/2017 yakni Rp471,74 triliun.

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. sendiri pertama kali melakukan penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO) pada 14 November 1995.

Telkom mencatatkan sahamnya di tiga bursa sekaligus, yakni di Bursa Efek Indonesia, yang kala itu masih bernama Bursa Efek Jakarta, juga di New York Stock Exchange dan London Stock Exchange. Namun, Telkom kemudian delisting di Bursa London pada 2014.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bei BUMN telkom
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top