Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kinerja Moncer, Pendapatan Lippo Cikarang (LPCK) Meroket 50,1 Persen Kuartal III/2020

Kenaikan pendapatan ini terutama ditopang oleh segmen penjualan rumah hunian dan apartemen sebesar Rp1,12 triliun.
Dhiany Nadya Utami
Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com 29 Oktober 2020  |  14:44 WIB
Foto aerial pembangungan megaproyek Meikarta di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (14/9). - ANTARA/Hafidz Mubarak A
Foto aerial pembangungan megaproyek Meikarta di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (14/9). - ANTARA/Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA — PT Lippo Cikarang Tbk mencetak pendapatan Rp1,59 triliun untuk periode sembilan bulan yang berakhir pada 30 September 2020.

Realisasi tersebut meningkat 50,1 persen year on year (yoy), dibandingkan dengan pendapatan pada periode yang sama tahun lalu sebesar Rp1,06 triliun. Kenaikan ini terutama disebabkan oleh segmen penjualan rumah hunian dan apartemen sebesar Rp1,12 triliun.

Kemudian, untuk penjualan segmen tanah komersial dan ruko serta penjualan segmen tanah industri pada periode yang sama masing-masing sebesar Rp61 miliar dan Rp121 miliar dibandingkan dengan Rp69 miliar dan Rp66 miliar pada tahun sebelumnya.

Pendapatan perseroan juga didukung oleh peningkatan pendapatan berulang yang dihasilkan oleh divisi manajemen kota yang meningkat 5,8 persen yoy menjadi Rp249 miliar dari Rp236 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

Laba kotor untuk periode tersebut meningkat menjadi Rp603 miliar di akhir kuartal III/2020 dari Rp396 miliar di periode yang sama tahun lalu dan laba bersih naik menjadi Rp630 miliar dari semula Rp367 miliar.

Laba bersih meningkat secara signifikan sebesar 71,4 persen YoY, karena pendapatan dari peningkatan pengakuan Penjualan Rumah Hunian dan Apartemen sebesar Rp470 miliar dan peningkatan Nilai Wajar Investasi USD DINFRA sebesar Rp 449 miliar.

Perseroan mencatat, hal ini disebabkan oleh keuntungan mata uang atas investasi karena rupiah terdepresiasi secara substansial pada sembilan bulan pertama tahun ini.

Adapun secara rincian, penjualan rumah hunian dan apartemen sebesar Rp1.124 miliar dan berkontribusi 70,6 persen dari total pendapatan. Kemudian pendapatan dari penjualan tanah industri dan komersial sebesar Rp182 miliar, memberikan kontribusi 11,5 persen terhadap total pendapatan.

Sementara itu, EBITDA perseroan yang dilaporkan untuk periode sembilan bulan tercatat sebesar Rp421 miliar, naik 41,6 persen year on year, dari Rp297 miliar dari periode yang sama tahun lalu.

Dari pos aset, total aset LPCK meningkat 15,1 persen YoY menjadi Rp14.059 miliar dari Rp12.219 miliar pada akhir Q3/2020.

Kemudian saldo jas meningkat menjadi Rp899 miliar dari Rp523 miliar menyusul keberhasilan peluncuran proyek Waterfront pada 1Q20 dan penarikan pinjaman bank tambahan sebesar Rp800 miliar.

Presiden Direktur Lippo Cikarang Simon Subiyanto mengatakan kinerja perseroan hingga akhir kuartal III/2020 telah sesuai dengan harapannya. Dia juga optimistis kinerja perseroan terus moncer.

“Di tengah pandemi ini, perseroan terus fokus memanfaatkan momentum dan peluang yang diciptakan oleh peluncuran rumah baru kami yang terjangkau. Kami tetap optimis dan terus memberikan kepercayaan kepada pelanggan kami melalui serah terima unit tepat waktu,” ujarnya dalam keterangan resmi, seperti dikutip Bisnis, Kamis (29/10/2020).

Lebih lanjut dia menjelaskan, hingga saat ini perseroan terus melakukan serah terima unit secara bertahap di Orange County serta tengah membangun perumahan yang terjangkau seperti yang baru kami luncurkan, Waterfront Estates.

“Kami percaya fokus kami pada peluncuran perumahan yang terjangkau dan inisiatif lainnya dapat memimpin pertumbuhan berkelanjutan perusahaan,” tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kinerja Emiten lippo cikarang
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top