Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Fasilitas Bio Farma Dipakai CEPI untuk Produksi Vaksin Covid-19

Fasilitas Bio Farma yang akan digunakan oleh CEPI adalah untuk memproduksi vaksin Covid-19 dengan multi platform sebanyak 100 juta dosis per tahun.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 15 Oktober 2020  |  12:35 WIB
Peneliti beraktivitas di ruang riset vaksin Merah Putih di kantor Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/8/2020). Vaksin COVID-19 buatan Indonesia yang diberi nama vaksin Merah Putih tersebut ditargetkan selesai pada pertengahan tahun 2021. ANTARA FOTO - Dhemas Reviyanto
Peneliti beraktivitas di ruang riset vaksin Merah Putih di kantor Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/8/2020). Vaksin COVID-19 buatan Indonesia yang diberi nama vaksin Merah Putih tersebut ditargetkan selesai pada pertengahan tahun 2021. ANTARA FOTO - Dhemas Reviyanto

Bisnis.com, JAKARTA— Induk Holding BUMN Farmasi, PT Bio Farma (Persero), mengklaim telah terpilih menjadi salah satu potential drug manufacturer Coalition for Epidemic Preparedness Innovations atau CEPI untuk Covid-19.

Lewat siaran pers Kamis (15/10/2020), Bio Farma menjelaskan bahwa kabar itu merupakan kelanjutan dari hasil due dilligence pada 15 September 2020 yang memberikan penilaian kepada aspek sistem produksi vaksin dan mutu, sistem analitik laboratorium, dan sistem teknologi informasi yang digunakan perseroan dalam memproduksi vaksin.

Seperti diketahui, CEPI merupakan koalis pemerintah, swasta, dan filantropis yang berpusat di Norwegia. CEPI memiliki tujuan untuk untuk mengembangkan fase awal vaksin yang aman, efektif, dan terjangkau sehingga dapat membantu menahan wabah sedini mungkin.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan fasilitas perseroan yang akan digunakan oleh CEPI adalah untuk memproduksi vaksin Covid-19 dengan multi platform sebanyak 100 juta dosis per tahun. Produksi akan dimulai pada akhir kuartal IV/2021 atau kuartal I/2022.

“Saat ini dunia sedang berusaha untuk menemukan vaksin Covid-19 dengan segala jenis platform. Pengembang-pengembang vaksin Covid-19 dari seluruh dunia, ada yang belum memiliki fasilitas produksi masal secara mandiri sehingga CEPI akan mempertemukannya dengan produsen vaksin yang telah memenuhi persyaratan tertentu dan Bio Farma adalah salah satunya,” ujar Honesti.

Honesti menambahkan bahwa penggunaan kapasitas produksi untuk CEPI tidak akan memengaruhi kegiatan produksi rutin. Pihaknya mengklaim telah memperhitungkan hal tersebut.

Bio Farma menyebut kolaborasi dengan CEPI tidak hanya sebatas vaksin Covid-19. Pengembangan vaksin pandemi lainnya juga dapat dilakukan melalui berbagai teknologi terkini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMN Vaksin bio farma
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top