Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Fitch Turunkan Peringkat Waskita Beton (WSBP) ke CC

Peringkat PT Waskita Beton Precast Tbk. (WSKT) diturunkan karena hubungan dekat induknya PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) terbilang erat. Di samping itu, secara operasional kinerja Waskita Beton juga tertekan, terutama akibat dampak pandemi virus corona.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 08 Oktober 2020  |  10:11 WIB
Direktur Pemasara PT Waskita Beton Precast Tbk. Agus Wantoro saat diwawancari oleh Tim Jelajah Infrastruktur Kalimantan. - JIBI/Tim Jelajah Infrastruktur Kalimantan
Direktur Pemasara PT Waskita Beton Precast Tbk. Agus Wantoro saat diwawancari oleh Tim Jelajah Infrastruktur Kalimantan. - JIBI/Tim Jelajah Infrastruktur Kalimantan

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga pemeringkat Fitch Ratings menurunkan peringkat nasional jangka panjang PT Waskita Beton Precast Tbk. dari CCC(idn) ke CC seiring pemangkasan peringkat terhadap induk usaha, PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Fitch juga menurunkan peringkat obligasi Waskita Beton senilai Rp2 triliun ke peringkat yang sama. 

Berdasarkan laporan Fitch yang dikutip Bisnis, Kamis (8/10/2020), penurunan peringkat WSBP mengikuti pemangkasan peringkat terhadap induknya, PT Waskita Karya (Persero) Tbk. 

Fitch menilai menilai kedua perusahaan memiliki hubungan operasional yang kuat karena tumpang tindih manajemen senior dan kontrol WSKT atas keputusan-keputusan penting WSBP

Sebagaimana diketahui, peringkat nasional ‘CC’ menunjukkan risiko gagal bayar yang tergolong tertinggi relatif terhadap emiten atau surat utang lain di Indonesia.

Secara umum, penurunan peringkat WSBP juga dipengaruhi oleh pelemahan arus kas  dan penurunan profitabilitas.

Pada paruh pertama 2020, arus kas dari penerimaan pembeli turun hampir 60 persen menjadi Rp1,6 triliun. Pandemi virus corona juga membuat progres penyelesaian proyek melambat .

Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta juga berisiko menunda proses administratif pada verifikasi dan penagihan piutang.

Fitch menyebut, penyelesaian proyek yang melambat dan koleksi kas yang memanjang akan melemahkan profil keuangan WSBP secara keseluruhan pada 2020.

"Order book WSBP akan tetap berada di bawah tekanan hingga akhir 2021 karena kontrak baru tidak akan pulih secara signifikan pada 2020 dan 2021," tulis Fitch.

Menurut Fitch, peringkat WSBP bisa meningkat jika terdapat revisi peningkatan pada profil kredit induk, yakni Waskita Karya. 

Sebaliknya peringkat juga bisa diturunkan lagi jika posisi likuiditas melemah dan revisi penurunan profil kredit Waskita Karya

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

fitch ratings waskita karya waskita beton precast
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top