Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembicaraan Stimulus Berlanjut, Bursa Asia Menghijau

Pada Jumat (25/9/2020), Bursa Kospi Korea Selatan memimpin kenaikan di pasar Asia dengan 0,7 persen diikuti oleh indeks Topix Jepang yang menghijau 0,5 persen.
Bursa Asia/ Bloomberg.
Bursa Asia/ Bloomberg.

Bisnis.com, JAKARTA - Bursa Asia dibuka menguat ditengah prospek kemunculan paket stimulus fiskal baru di Amerika Serikat dan kenaikan kasus infeksi virus corona di dunia.

Dilansir dari Bloomberg pada Jumat (25/9/2020), Bursa Kospi Korea Selatan memimpin kenaikan di pasar Asia dengan 0,7 persen diikuti oleh indeks Topix Jepang yang menghijau 0,5 persen.

Sementara itu, indeks S&P/ASX 200 Australia mengekor dibelakang Korea dan Jepang dengan penguatan 0,4 persen. Sedangkan, indeks berjangka S&P 500 terpantau naik 0,5 persen hingga pukul 09.02 waktu Tokyo, Jepang.

Saham melonjak tengah hari di tengah berita bahwa Menteri Keuangan Steven Mnuchin dan pemimpin Dewan Demokrat terbuka untuk pembicaraan baru. Namun laporan bahwa tawaran baru Ketua DPR AS Nancy Pelosi hanya menyimpang sedikit dari tawaran sebelumnya memicu kekhawatiran bahwa kedua belah pihak akan tetap tidak sepakat.

“Kemungkinan stimulus Fase 4 hampir tidak mungkin,” tulis Aneta Markowska, kepala ekonom di Jefferies LLC di New York. “Meski masih memungkinkan, ada risiko tinggi hal itu tidak terjadi tahun ini. Tanpanya, kami memperkirakan ekonomi akan mencapai lonjakan kecepatan besar di Q4. "

Sementara itu, Benua Eropa kembali menjadi titik panas penyebaran virus corona setelah Inggris melaporkan kenaikan tertinggi kasus positif secara harian. Lonjakan serupa juga terjadi di Perancis.

Risiko perlambatan dalam pemulihan ekonomi telah meningkat dengan tidak adanya paket stimulus lain, mendorong para ekonom Goldman Sachs Group Inc. untuk memangkas perkiraan pertumbuhan AS pada kuartal keempat.

Gubernur Federal Reserve Jerome Powell menegaskan kembali bahwa "kemungkinan dukungan fiskal tambahan akan dibutuhkan," sementara Presiden Fed Bank St Louis James Bullard mengatakan ekonomi mungkin mendekati "pemulihan penuh" pada akhir tahun.

Anggota parlemen dari Partai Republik berjanji bahwa transisi presiden setelah pemilihan November akan terjadi tanpa gangguan, sebagai teguran atas penolakan Presiden Donald Trump untuk berkomitmen pada transfer kekuasaan secara damai.

Pencarian calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden untuk seorang Menteri Keuangan secara luas dilihat sebagai fokus pada Lael Brainard, sebuah pilihan yang akan sejalan dengan pelaku pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper