Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Susul Asia, Bursa Eropa Dibuka Anjlok 1 Persen

Indeks Stoxx Europe 600 anjlok 1 persen menyusul lonjakan kasus positif virus corona yang meningkatkan potensi penutupan kegiatan ekonomi dan kembali pada kebijakan isolasi.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 24 September 2020  |  15:10 WIB
Bursa Efek Frankfurt, Jerman. - Bloomberg
Bursa Efek Frankfurt, Jerman. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa Eropa gagal melanjutkan tren kenaikan dan dibuka melemah pada perdagangan Kamis (24/9/2020) seiring dengan sentimen peringatan bank sentral Amerika Serikat terkait kebutuhan stimulus fiskal untuk mendorong pemulihan ekonomi. 

Dilansir dari Bloomberg, Indeks Stoxx Europe 600 anjlok 1 persen setelah aksi jual besar-besaran di Asia yang menyebabkan kelesuan pasar di wilayah itu.

Aksi jual ini dilakukan menyusul lonjakan kasus positif virus corona yang meningkatkan potensi penutupan kegiatan ekonomi dan kembali pada kebijakan isolasi.

Sentimen ini juga diperberat dengan ketidakjelasan paket stimulus fiskal dari Amerika Serikat di tengah persiapan Negara Paman Sam tersebut menyambut pemilu Presiden pada November mendatang.

"Pasar tengah mencerna kenyataan bahwa pemulihan ekonomi tidak akan berjalan seperti harapan sebelumnya. Harapan pemulihan ekonomi yang berjalan stabil akan hilang seiring dengan dorongan stimulus fiskal yang mulai kendur,"  Lauren Goodwin, Ekonom New York Life Investments.

Para pelaku pasar akan mencermati pertemuan antara Gubernur The Fed, Jerome Powell dan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dengan Komite Respons Ekonomi Terhadap Virus Corona Senat AS pada Kamis mendatang disamping juga menunggu rilis data klaim jaminan pengangguran pada hari yang sama.

Sementara itu, pada hari yang sama, European Central Bank juga akan mengumumkan hasil alokasi program pembiayaan targeted longer-term refinancing operations (TLTRO III)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bursa eropa
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top